Main Menu

Keputusan Final untuk Husni Mubarak.

Rosyid
03-03-2017 11:48

Kairo, GATRAnews - Tua renta dan sakit-sakitan,  mantan Presiden Mesir Husni Mubarak harus kembali ke meja hijau. Presiden yang memerintah sejak 1981 hingga ditumbangkan 2011 datang ke pengadlian dengan helikopter medis.

Dalam sidang Kamis (2/3), hakim Pengadilan kasasi membebaskannya dari tuduhan.  Hakim Ahmed Abdel Qawi mengumumkan, "Pengadilan memutuskan terdakwa tidak bersalah." Menurut Al Jazeera, hakim juga menolak perminetaan pengacara korban untuk membuka kembali gugatan sipil. Dengan demikian tidak ada lagi opsi untuk naik banding atau pengadilan ulang.


Mubarak dituduh dibalik tewasnya hampir 900 demonstran dalam 18 hari unjuk rasa pada 2011. Mubarak kini menginjak usia 89 tahun dan tinggal di rumah sakit militer di Kairo, awalnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 2012. Namun, pengadilan banding memerintahkan persidangan ulang bagi Mubarak. Pengadilan ulang yang dilakukan pada 2014 memutuskan untuk menghentikan kasus ini dan membebaskan Mubarak. Penuntut umum kemudian mengajukan banding atas keputusan tersebut dan memohon agar persidangan ulang dapat diselenggarakan lagi oleh pengadilan banding Mesir. 

Menurut Xinhua, Mubarak yang datang ke pengadilan dengan ditandu, telah lama mempertahankan opini tidak bersalah dalam kasus ini.




Editor: Rosyid

Rosyid
03-03-2017 11:48