Main Menu

Qatar Kecam Pemutusan Hubungan Diplomatik Negara Negara Arab

Dani Hamdani
05-06-2017 18:28

Kota Doha, Qatar (AFP/PAtrick Baz/HR02)

Doha, GATRANews - Qatar pada Senin mengecam keputusan empat negara Teluk dan Mesir yang memutuskan hubungan dengan negara tersebut. Menteri Luar Negeri Qatar menyebut keputusan itu "tidak memiliki dasar" dan "melanggar kedaulatan" negeri.



"Langkah-langkah tersebut tidak dapat dibenarkan dan didasarkan pada klaim palsu dan tidak memiliki dasar hukum," kata Kementerian Luar Negeri Qatar.


"Tujuannya jelas, dan itu adalah untuk memberlakukan perwalian pada negara. Ini dengan sendirinya merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan (Qatar) sebagai sebuah negara," demikian penyataan Kementerian Luar Negeri Qatar yang dikutip kantor berita AFP. 

Menteri Luar Negeri Watar juga menambahkan keputusan tersebut tidak akan memberikan dampak pada kehidupan normal warganegaranya dan semua orang yang tinggal di negeri itu.

 

Pernyataan Menlu Qatar itu dikeluarkan beberapa jam setelah Saudi Arab mengumumkan langkah diplomatik yang belum pernah terjadi sebelumnya itu, yang diikuti oleh Bahrain, Uni Emirat Arab, Yaman dan Mesir. Belakangan perdana menteri Libya juga menyatakan mendukung Saudi.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
05-06-2017 18:28