Main Menu

Soal Qatar, Wapres JK: Posisi Indonesia Tak Berpihak

Anthony Djafar
07-06-2017 21:44

Kota Doha, Qatar (AFP/Stringer/HR02)

Jakarta, GATRAnews – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa Indonesia tidak berada pada salah satu pihak yang saat ini “bertikai” antara Qatar dan sejumlah negara-negara di Timur Tengah.

 

“Posisi Indonesia tidak berpihak kepada salah satu pihak, pada dewasa ini, karena belum mengetahui apa yang terjadi dan alasan sebenarnya,” kata Wapres kepada sejumlah awak media usai menghadiri buka puasa bersama Kadin Indonesia di Hotel Mulia, Jakarta (7/6)

 

Menurut Wapres, saat ini pemerintah Indonesia sedang mempelajari masalah yang terjadi. “Bahwa tentu ada masalah di situ, tentu Kemlu sedang mempelajarinya, kita juga pelajari bagaimana efek-efeknya baik sekarang atau yang akan datang. Tapi kita harapkan mudah-mudahan bisa diselesaikan secara damai,” katanya.

 

Untuk itu, lanjut Wapres, pemerintah akan terus memantau perkembangan apalagi Indonesia cukup aktif bekrjasama dengan sejumlah negara di Timur Tengah, termasuk Qatar. ”Kita di sana itu terus aktif di negara Teluk itu, dan negara arab lainnya. Indonesia berada untuk melihat apa yang terjadi,” katanya.

 

Pada WNI yang berada di Qatar, Wapres mengharapkan untuk tetap tenang karena apapun persoalan yang terjadi di sana, tentu ada jalan penyelesaiannya. “Ya, WNI kita di sana tenang aja. Karena saya kira masalah Qatar dengan Arab Saudi itu bisa diselesaikan,” katanya.

 

Sejauh ini lanjut Wapres, pemerintah melalui kementerian luar negeri untuk menjalin komunikasi dengan pihak kedubes setempat. “Kita sudah berkomunikasi dengan Dubes kemarin, tadi lagi dengan Dubes kita di sana. Menlu juga,” katanya.


Reporter: Anthony Djafar

Editor: Dani Hamdani 

Anthony Djafar
07-06-2017 21:44