Main Menu

Kadin: Kisruh Qatar Buka Peluang Peningkatan Ekspor

didi
13-06-2017 11:16

Jakarta, GATRAnews - Tujuh negara memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, Kadin pun angkat bicara. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Perdagangan Benny Soetrisno meyakini krisis tersebut tak akan menggangu ekspor Indonesia ke Qatar.

 

“Saya yakin ekspor kita ke Qatar tidak ada gangguan,” kata Benny di Jakarta, Senin (12/6).

 

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani mengatakan krisis tersebut justru membuka peluang bagi Indonesia dalam urusan peningkatan ekspor. Pasalnya, Qatar selama ini menggantungkan impor bahan makanan kepada Arab Saudi.

 

“Sebagai negara gurun, untuk makanan Qatar sangat bergantung kepada impor,” jelas Shinta.

 

Seperti diketahui, setelah Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dalam sebuah langkah terkoordinasi pada Senin (5/6) pagi. Langkah serupa juga diikuti oleh tiga negara lainnya yakni Yaman, Libya dan Maladewa.

 

Qatar dalam hal ini dituding memberikan dukungan terhadap kelompok-kelompok teroris yang bertujuan mengacaukan kawasan tersebut, seperti Ikhwanul Muslimin, ISIS dan Al-Qaeda. Qatar juga dituding cenderung berkiblat kepada Iran yang dikuasai oleh kelompok Syiah.

 

Ketujuh negara itupun memutuskan untuk menutup akses darat, laut dan udara ke Qatar Menanggapi kebijakan itu Pemerintah Qatar menuding keputusan negara-negara tersebut tak beralasan.

 

Kebijakan isolasi tersebut dinilai telah merampas kedaulatan bangsa dan menghancurkan perekonomian negara yang memiliki kekayaan nasional senilai US$ 335 milyar yang ditempatkan sebagian di Barclays Plc dan Credit Suisse Group.


Reporter: Didi Kurniawan

editor: Dani Hamdani

didi
13-06-2017 11:16