Main Menu

Turki - Saudi Sepakat Percepat Penyelesaian Qatar

Rosyid
22-06-2017 15:50

Kota Doha, Qatar (AFP/PAtrick Baz/HR02)

Ankara, GATRAnews - Pemimpin Turki dan Kerajaan Saudi Arabia mencapai kata sepakat untuk meredakan ketegangan kawasan terkait blokade terhadap Qatar.

 

Presiden Turki Tayyip Erdogan menelepon Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan putra mahkota baru, Pangeran Mohammed bin Salman. Hasilnya, kesepakatan untuk meningkatkan usaha-usaha mengakhiri ketegangan dengan Qatar, kata sumber dari kantor Erdogan pada Kamis (22/6) kepada Reuters yang dikutip Antara.

"Kesepakatan dicapai dalam upaya mengakhiri ketegangan kawasan terkait dengan Qatar," kata sumber tersebut dalam pernyataan.

Erdogan berbicara dengan pemimpin Saudi itu pada Rabu malam dan kedua pihak menekankan tekad memperkuat hubungan Turki-Saudi, sementara Erdogan juga mengucapkan selamat kepada Muhamad Bin Salman atas penobatannya sebagai putra mahkota, kata sumber tersebut.

Pernyataan itu mengatakan bahwa Erdogan dan Raja Salman juga setuju untuk melakukan tatap muka pada pertemuan G20 di Hamburg bulan depan.

Turki menawarkan dukungan kuat kepada Qatar setelah Arab Saudi, Mesir dan beberapa negara lain menuduh Qatar sebagai pendukung terorisme dan memutuskan semua hubungan ekonomi serta diplomatik mereka.

Raja Salman menobatkan anaknya itu sebagai raja berikutnya sesuai urutan takhta pada Rabu, menyerahkan kekuasaan kepada pemuda 31 tahun itu untuk memperbaiki ekonomi kerajaan, yang bergantung pada minyak, serta menghadapi ketegangan dengan Iran.

 


Editor: Rosyid

Rosyid
22-06-2017 15:50