Main Menu

Tragedi Masjid Al-Aqsha, PP Bamusi: Israel Harus Dijatuhi Sanksi

Iwan Sutiawan
24-07-2017 09:58

(Foto: AFP/Abbas Momani/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) menilai Israel harus mendapat sanksi dari dunia internasional atas ulah biadabnya menembaki jamaah dan mempersempit akses umat Islam menuju Masjid Al-Aqsha.



"Israel harus mendapatkan sanksi-sanksi dari dunia internasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Hamka Haq, Ketua Umum Bamusi melalui pernyataan sikap yang diterima GATRAnews di Jakarta, Senin (24/7).

Aksi biadab tidak berprikemanusiaan dan bertentangan dengan norma semua agama tersebut telah melukai perasaan umat Islam se-dunia, termasuk di Indonesia.

"PP Baitul Muslimin Indonesia menyatakan sikap mengutuk sekeras-kerasnya aksi kebiadaban Zionis Israel. Aksi biadab tersebut nyata-nyata merupakan kejahatan kemanusiaan yang telah melanggar hak-hak asasi manusia dan hukum internasional lainnya,"  kata Hamka.

PP Bamusi juga mendesak kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan khususnya Pemerintah Republik Indonesia untuk selalu membela hak-hak rakyat Palestina, memberi bantuan dan senantiasa ikut pro-aktif dalam menciptakan perdamaian di Palestina.

"PP Bamusi mengimbau kepada lembaga-lembaga internasional PBB, Uni Eropa, OKI, Liga Arab, dan lain-lainnya, untuk memberi tekanan yang memaksa Israel agar menghormati dan menjunjung tinggi HAM bangsa Palestina untuk dapat melangsungkan hidup dan beribadah secara layak dan normal," katanya.

Selain itu, PP Bamusi juga mendesak lembaga-lembaga internasional tersebut untuk bersikap tegas dalam menerapkan hukum-hukum internasional atas Israel dan mendesak Israel dan Palestina untuk melanjutkan perundingan damai sesuai dengan peta jalan damai yang telah dicanangkan oleh presiden Palestina, almarhum Yasser Arafat.

"PP Bamusi mendesak mahkamah internasional untuk segera mengadili pelaku kejahatan kemanusiaan (Israel) yang terjadi di Yerussalem, dan mendesak AS agar menghentikan sikap ambivalen kebijakan luar negerinya, yang selama ini selalu mendukung pemerintahan Israel," katanya. 

"PP Bamusi mengimbau Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan dunia Islam pada umumnya untuk lebih meningkatkan ukhuwah Islamiyah," katanya.

Peningkatan ukhuwah Islamiyah itu untuk memperbarui serta mengokohkan visi dan misi, sesuai dengan nilai-nilai Islam dalam rangka mencari penyelesaian konflik Palestina-Israel secara bermartabat, guna menyelamatkan Masjidil Aqsha dari bahaya kehancuran akibat ulah Israel.


Reporter: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
24-07-2017 09:58