Main Menu

Serangan Udara Kembali Gempur Pos Houthi di Yaman, 35 Tewas

Aulia Putri Pandamsari
23-08-2017 21:32

Ilustrasi (GATRAnews/AK9)

Jakarta, Gatranews - Serangan udara kembali terjadi di sebuah hotel yang dekat dengan pos Houthi di Yaman bagian utara pada Rabu malam (23/8/17). Seperti dilansir Aljazeera, serangan yang berjarak sekitar 20 km dari Sanaa, ibukota Yamen, tersebut menewaskan setidaknya 35 warga sipil.

 

Dikutip dari kantor media Reuters, seorang saksi bernama Yehia Hussein yang bekerja sebagai relawan di daerah kekuasaan Houthi tersebut mengatakan setidaknya ada 100 orang berada di dalam hotel saat serangan udara tersebut terjadi.

 

Almaseera, stasiun televisi yang dijalankan oleh kelompok Houthi menyalahkan koalisi Arab Saudi yang bersatu dengan Pemerintah Yaman atas serangan yang terjadi pada Rabu malam itu.

 

Sementara itu, juru bicara Koalisi Arab Saudi menyatakan masih mengumpulkan informasi terkait insiden hari ini dan belum akan memberikan keterangan lebih lanjut.

 

Yaman, terletak di ujung selatan Semenanjung Arab,  berada dalam kondisi perang sejak tahun 2014 ketika Kelompok Houthi menggulingkan kekuasaan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional.

 

Pada Maret 2015, Koalisi Arab Saudi memulai kampanye untuk melawan pasukan Houthi yang beraliansi dengan mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh guna mendukung pemerintahan Mansour Hadi.

 

Perang yang telah berlangsung selama tiga tahun ini telah menelan korban sebanyak 10.000 korban tewas dan sekitar 3 juta orang harus mengungsi dari rumahnya.


Reporter: APP

Editor: Dani Hamdani 

Aulia Putri Pandamsari
23-08-2017 21:32