Main Menu

Sikap Jokowi Soal Palestina Selaras dengan Sikap Bung Karno

Iwan Sutiawan
15-12-2017 22:15

Anggota DPR RI TB Hasanuddin. (Dok. Twitter/@tbhasanuddin/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin, menilai sikap Indonesia yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang OKI soal keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, selaras dengan pemikiran Bung Karno. 


"Respon cepat Presiden Jokowi di sidang OKI dalam menyikapi pernyataan Trump yang secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, selaras dengan pemikiran founding father Bung Karno," kata Hasanuddin di Jakarta, Jumat (15/12). 

Menurut Hasanuddin, Presiden Jokowi menyampaikan dua hal penting. Pertama, bahwa masyarakat Indonesia menolak pengakuan sepihak AS soal Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

"Kedua, Jokowi juga  meminta negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan dalam membela Palestina," ujarnya.

Menurut Hasanuddin, sikap Jokowi ini mengingatkan perjuangan Bung Karno (Soekarno) yang secara konsisten mendukung kemerdekaan bagi Palestina. Bahkan, dalam pidato Bung Karno tahun 1962, disebutkan bahwa selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel. 

"Korelasinya dengan pidato Bung Karno dengan sikap Presiden Jokowi adalah konsistensi dalam membela Palestina sebagai bangsa yang tertindas," ujarnya. 

Inisiasi Presiden Jokowi untuk melaksanakan sidang darurat OKI dan sidang darurat Majelis Umum PBB menjadi cerminan bahwa Presiden mencari solusi agar Palestina bisa terbebas dari penindasan Israel.

"Sikap Presiden Jokowi juga sesuai dengan aspirasi rakyat Indonesia, dan karenanya patut didukung," kata Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
15-12-2017 22:15