Main Menu

Mulai Pekan Ini Wanita Saudi Boleh Menonton Sepakbola

Sandika Prihatnala
09-01-2018 15:31

Wanita Arab Saudi Arabia (Amer HILABI / AFP/yus4)

Jeddah, Gatra.com – Perubahan demi perubahan kini sedang terjadi di Arab Saudi. Setelah sebelumnya mengijinkan wanita berkendara, kini wanita diizinkan memasuki stadion dan menikmati pertandingan sepakbola.

Sebelumnya, jangankan menonton sepakbola. Wanita di Saudi jika ingin keluar rumah pun harus didampingi muhrim nya. Negara itu punya aturan ketat soal interaksi antara wanita dan pria dalam masyarakat.

“Pertandingan pertama yang akan diizinkan wanita menonton adalah Al Ahli versus Al Batin pada hari Jumat 12 Januari, diikuti oleh Al Hilal versus Al Ittihad keesokan harinya, dan kemudian pertandingan antara Al Ittifaq dan Al Faisali pada hari Kamis, 18 Januari,” kata kementerian informasi pada hari Senin.

Pertandingan pertama akan digelar di ibukota Riyadh, yang kedua di Jeddah di Laut Merah dan yang ketiga di kota timur Dammam.

Pemerintah Saudi sebelumnya mengumumkan pada Oktober tahun lalu bahwa perempuan pada tahun 2018 akan diizinkan untuk menghadiri pertandingan olahraga di stadion nasional, yang sebelumnya dilarang.

Tiga tempat khusus pria - King Fahd International Stadium, King Abdullah Sports City, dan Stadion Pangeran Mohammed bin Fahd - akan dibuka untuk wanita dan keluarga di Riyadh, Jeddah, dan Dammam.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebelumnya sempat menguji reaksi publik terhadap keputusan mencabut larangan tersebut untuk mengizinkan wanita dan keluarga memasuki ibukota utama Stadion Riyadh untuk perayaan Hari Nasional tahunan ke-87, September lalu. Nyatanya, direspon positif. Ratusan wanita pergi ke stadion untuk pertama kalinya.

Perubahan demi perubahan merupkan bagian dari visi Pangeran Mahkota Mohammed 2030 untuk merombak ekonomi yang selama ini bergantung pada minyak. Sekaligus, melepas citra ultra – konservatif yang selama ini merekat.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
09-01-2018 15:31