Main Menu

Hamas Tuding Israel Di Balik Aksi Bom di Lebanon

Hendri Firzani
15-01-2018 05:14

Bom menghancurkan mobil milik tokoh Hamas Mohammad Hamdan di Kota Sidon, Lebanon. (AFP/Mahmoud ZAYYAT/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Sebuah Bom meledak dan melukai seorang tokoh kelompok Hamas Mohamad Hamdan di sebuah distrik di utara kota Sidon, atau 40 km sebelah Selatan Beirut, ibukota Lebanon, hari minggu pagi waktu setempat. Bom yang menghancurkan mobil tersebut meledak sesaat ketika Mohammad Hamdan hendak masuk ke dalam mobil.


Ledakan itu menghancurkan mobil BMW warna perak milik Hamdan dan menciptakan asap tebal ke udara. Sejumlah saksi mata mengatakan, korban terluka di bagian kaki dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan. Sidon merupakan kota kecil tempat dua dari 12 lokasi kamp pengungsi Palestina di Lebanon.

Kelompok Hamas, membenarkan jika Hamdan merupakan salah satu anggotanya, namun menolak menjelaskan lebih lanjut perannya dalam kelompok tersebut. “Hamdan terluka namun tak begitu parah,” ujar tokoh Hamas di Sidon, Ayman Shanaa kepada stasiun televisi Palestina, Paltoday.

Kelompok yang menguasai wilayah Gaza ini menuding Israel berada di balik aksi pemboman tersebut. Mereka juga mengatakan telah memiliki bukti permulaan atas insiden berdarah tersebut.  Israel sendiri belum mengeluarkan tanggapan atas tudingan tersebut.

Televisi Al-Manar, yang merupakan stasiun televisi milik kelompok Hizbullah, menggambarkan Hamdan sebagai sosok penting Hamas, dan sudah lama diincar Israel. Pimpinan gerakan Palestina Fatah di Lebanon menyatakan Hamdan kerap terlbat dalam operasi di Israel. “Sidik jari Israel ada di Insiden tersebut,” kata Mounir Al-Maqdah, salah satu tokoh Fatah kepada reuters.


Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
15-01-2018 05:14