Main Menu

Serangan Udara Tentara Suriah Tewaskan 28 Militan Al Qaeda

Birny Birdieni
02-02-2018 01:29

Serangan Bom di Idlib, Suriah. (Reuters/Social Media Web/FT02)

Beirut, Gatra.com- Sebuah monitor perang menangkap gambar mengenai pengeboman udara oleh tentara Suriah di barat laut Suriah. Insiden pada daerah kantong yang masih tersisa pemberontak terbesar tersebut telah menewaskan setidaknya 28 orang pada Kamis (2/2) waktu setempat. 

 

Dilansir dari Reuters, monitor pemantau perang milik Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris itu merekam serangan pesawat tempur dan helikopter ke provinsi Idlib, Hama dan Aleppo, termasuk di kota Saraqeb dan Kafr Nabouda. 

 

Tentara Suriah dan sekutu-sekutunya mendorong untuk mengarah dari Abu Duhur ke Saraqeb, sebuah pangkalan udara yang berhasil mereka kuasai bulan lalu. Mereka juga menangkap beberapa desa pada hari Kamis, kata Observatorium.

 

Kelompok pemberontak terkuat di Suriah barat laut tersebut adalah Tahrir al-Sham, sebuah aliansi faksi jihad termasuk mantan afiliasi Al Qaeda yang sebelumnya dikenal sebagai Nusra Front.

 

Kantor berita negara SANA melaporkan, di Damaskus penembakan oleh kelompok pemberontak tersebut telah menewaskan tujuh orang. Sedangkan di distrik Ash al-Warour yang dikelola pemerintah, aksi ini juga mencederai 13 orang.

 

Pemerintah Suriah sebenarnya telah melakukan upaya penyisiran pemberontak dari banyak daerah yang mereka rebut selama perang sipil sejak tahun 2011 lalu. Namun kelompok oposisi masih memiliki kantong signifikan di dekat Damaskus dan Homs dan di barat daya, serta daerah kantong di barat laut.

 


Editor : Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
02-02-2018 01:29