Main Menu

Malaysia Kecam dan Sesalkan Serangan Udara Amerika di Suriah

Ervan
16-04-2018 10:35

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres (REUTERS/Eduardo Munoz/yus4)

Jakarta, Gatra.com- Pemerintah Malaysia menyatakan keprihatinannya atas serangan udara yang dilancarkan ke Suriah pada 14 April lalu oleh pasukan koalisi Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris.Lewat pernyataan tertulisnya, Minggu (16/4). Kementerian Luar Negeri Malaysia juga mengutuk keras dugaan serangan senjata kimia di Suriah pada 7 April 2018.

 

"Masyarakat internasional secara keseluruhan harus mengambil langkah-langkah mendesak untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang berkelanjutan di Suriah," bunyi siaran pers Kementerian Luar Negeri Malaysia.

Malaysia meyakini bahwa semua pihak harus bertindak konsisten, sesuai dengan Piagam PBB dan hukum internasional.

"Malaysia percaya bahwa tidak ada solusi militer yang dapat mengakhiri konflik Suriah. Kami mendesak semua pihak yang terlibat untuk menemukan solusi politik, melalui dialog dan negosiasi," lanjut pernyataan tersebut.

Malaysia juga menyatakan kekecewaannya kepada Dewan Keamanan PBB yang gagal menyetujui mekanisme khusus, dan akuntabilitas terhadap penggunaan senjata kimia di negara konflik itu.

"Malaysia bersama dengan Sekretaris Jenderal PBB (Antonio Guterres) menyatakan kekecewaan atas kegagalan ini," lanjut rilis pemerintah Malaysia.


Reporter: Ervan Bayu

 

 

 

Ervan
16-04-2018 10:35