Main Menu

Pemerintah Arab Saudi Ganti Uang Kertas 1 Riyal dengan Koin

Anthony Djafar
27-05-2018 14:23

Caption

Riyadh, Gatra.com – Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA) telah menarik uang kertas 1 riyal (SR) dari peredaran di Arab saudi, sejak Kamis 24 Mei lalu. Keputusan ini sehari setelah diumumkan oleh SAMA di situsnya pada hari Rabu lalu.


Dilansir dari Al Arabiya, uang kertas 1 riyal itu akan diganti dengan uang yang berbentuk koin 1 riyal. Kendati hingga kini, uang kertas 1 riyal masih diberlakukan sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian.

“Uang kertas 1 riyal Arab Saudi akan tetap beredar dan berlaku sampai benar-benar telah ditarik dari perdagangan dengan penyesuaian rencana waktu tertentu," tulis pengumuman SAMA.

Seorang pejabat SAMA mengungkapkan bahwa uang kertas 1 riyal telah menyumbang 49 persen dari volume uang tunai yang diperdagangkan, karena sering dibagikan di masyarakat dan jarang disimpan di bank.

Pada bulan Desember 2016, SAMA meluncurkan edisi keenam mata uang Saudi, termasuk koin satu riyal dan dua riyal baru, di samping koin dalam denominasi 50 halalah, 25 halalah, 10 halalah, 5 halalah dan satu halalah. Satu riyal sama dengan 100 halalah.

Dalam gambar yang dirilis itu, pada koin 1 riyal tampak bagian depan terdapat foto Raja Salman dengan warna perak di tengahnya. Di sisi kanan, nama dan gelar raja, yaitu Pelayan Dua Masjid Suci Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud yang terukir dalam bingkai emas. Sementara di sebelah kiri terdapat motif tanaman yang mencakup lambang nasional Kerajaan Arab Saudi.

Di sisi baliknya, nominal koin 1 riyal ditulis di tengah dengan angka perak dengan tulisan dalam huruf Arab di bagian atas dan dalam bahasa Inggris di bagian bawah.

Di sisi kanan, ada bingkai emas yang diukir dengan nama lengkap Kerajaan Arab Saudi. Sedangkan di sebelah kiri ada motif tanaman yang mencakup lambang nasional Kerajaan.

Tahun Hijriah (1438) ditulis di bagian atas dan tahun Gregorian (2016) dicantumkan di bagian bawah koin tersebut.

Editor: Anthony Djafar

 

Anthony Djafar
27-05-2018 14:23