Main Menu

AS Kembali Bela Israel di PBB

Hendri Firzani
02-06-2018 08:47

Dubes AS untuk PBB Nikki Haley pada sidang Dewak Keamanan di Markas PBB. (REUTERS/Shannon Stapleton/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Amerika Serikat kembali mempertontonkan dukungan terhadap Israel. Negeri paman Sam menggunakan hak vetonya di dewan keamanan PBB untuk menolak resolusi PBB yang diusulkan Kuwait. Draft Resolusi itu mengutuk penggunaan senjata oleh Israel terhadap  warga sipil Palestina, yang terjadi belakangan ini dan menyebabkan lebih dari 100 warga sipil Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka. 

 

AS sendiri merancang sebuah draft resolusi yang menyalahkan Hamas atas kekerasan yang terjadi di Palestina dan mendukung Hak Israel untuk membela diri. Namun draft resolusi itu tidak mendapat dukungan sama sekali dari anggota dewan keamanan PBB yang lain.

Anggota Dewan keamanan PBB yaitu  Prancis, Rusia, Cina, Pantai Gading, Kazakhstan, Bolivia, Peru, Swedia, dan Guinea Khatulistiwa bergabung dengan Kuwait mendukung reolusi pertama yang mengutuk Israel. Inggris, Belanda, Polandia dan Ethiopia memilih abstain untuk kasus tersebut.

Untuk bisa diadopsi sebagai sebuah resolusi, draft tersebut harus disetujui setidaknya sembilan negara anggota dewan keamanan PBB dan tidak ada veto dari negara-negara anggota tetap dewan keamanan PBB yaitu AS, Inggris, Cina, Prancis dan Rusia.   

Duta besar AS untuk PBB  Nikki Haley,sebagaimana dikutip Reuters, mengatakan adanya perbedaan suara terhadap dua resolusi yang diajukan  menunjukkan semua pihak hanya menyalahkan Israel dan tidak mau menyalahkan Hamas, kelompok Islam yang mendominasi Gaza." Sudah jelas sekarang, bahwa PBB bias terhadap Israel," ujar Nikki.


 

Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
02-06-2018 08:47