Main Menu

Retno : Menlu AS Tidak Menolak Two State Solution Palestina-Israel

Bernadetta Febriana
04-08-2018 19:41

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Richard Pompeo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/yus4)

Jakarta, gatra.com - Menteri Luar Megeri Amerika Serikat Mike Pompeo melakukan kunjungan ke Indonesia dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (04/08) malam di Gedung Kemenlu, Pejambon, Jakarta. Berbagai hal dibahas dalam pertemuan kedua Menlu antara lain hubungan bilateral kedua negara dan juga tidak ketinggalan masalah Pelastina.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, Retno menyampaikan kepada Pompeo bahwa pemerintah dan masyarakat Indonesia memberikan perhatian yang sangat besar dalam isu Pelastina. “Dukungan yang diberikan pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap Palestina itu sangat besar,” tegas Retno kepada Pompeo dalam pertemuan tadi. 

Bagi Indonesia, penyelesaian Two State Solution adalah satu-satunya jalan yang harus ditempuh. Diakui oleh Pompeo bahwa penyelesaian Palestina memang bukan hal yang mudah. “Pompeo tidak menolak solusi Two State Solution tersebut, ia menyampaikan masih perlu waktu untuk kemudian bisa membuat sebuah rencana perdamaian disana,” ujar Retno lagi.

Yang penting, kata Retno, masyarakat dunia jangan sampai kehilangan roh dan perjuangan yang sudah ada yaitu keinginan untuk mewujudkan Two State Solution tersebut. “Kita menginginkan suasana di lapangan tidak menjadi lebih buruk, yang dapat mengaburkan tujuan utama perjuangan bangsa Palestina dan dukungan masyarakat international untuk mewujudkan hal tersebut,”ujar Retno lagi.


Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
04-08-2018 19:41