Main Menu

Daker Mekah Minta Hoax soal Korban Tragedi Mina Dicabut

Dani Hamdani
24-09-2015 22:10

Jamaah haji korban terinjak-injak di Mina (AFP/STR)

Jakarta, GATRANews - Kementerian Agama mengklarifikasi informasi yang berkembang melalui pesan berantai tentang puluhan jamaah Indonesia menjadi korban tragedi di Mina, Arab Saudi, adalah kabar bohong alias hoax. "Mohon agar informasi terkait pemberitaan tersebut segera ditarik dan tidak disebarluaskan," kata Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat.

 


Dia menyebut informasi yang menyebutkan jumlah korban mencapai angka puluhan orang tidak benar dan menyesatkan.
 

Arsyad memastikan informasi bahwa jumlah korban asal Indonesia dalam tragedi Mina mencapai 52 orang berikut daftar namanya adalah tidak benar dan tidak valid. 


"Mohon kerjasama seluruh media untuk tidak memberitakan hal tersebut.Update informasi terkait Peristiwa Mina, silahkan komunikasikan dengan media center haji," katanya seperti dikutip Antara.


Sehubungan kejadian yang menimpa jemaah haji yang akan melempat jumroh aqabah pada Kamis pagi, beredar kabar bahwa jemaah haji Indonesia yang menjadi korban sampai puluhan. 
 

Informasi tersebut bahkan disertai dengan daftar nama anggota jemaah yang setelah ditelusuri ternyata tidak valid.
 

Tim PPIH sudah turun di lokasi peristiwa dan Rumah Sakit Mina Al-Jisr, tempat  banyak korban tragedi Mina dievakuasi.
 

Berdasarkan info tim di lapangan, ada satu anggota jemaah haji Indonesia yang menjadi korban namun masih ditelusuri identitasnya. 

 
"Sampai saat ini korban tersebut sedang diidentifikasi dan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama akan segera disampaikan identitas dan kloter asal jamaah haji tersebut," demikian Kementerian Agama.

Editor: Dani Hamdani

Dani Hamdani
24-09-2015 22:10