Main Menu

WHO Perkirakan Virus Zika Menerpa Hingga 4 Juta Orang

Januar
29-01-2016 09:39

Pasien yang terkena virus Zika (AFP/Marvin Recinos)

Jakarta, GATRAnews - Lembaga kesehatan PBB, World Health Organization memperkirakan virus Zika akan menerpa hingga 4 juta orang di Amerika. Pernyataan WHO tersebut dipublikasi pada Kamis (28/1) setelah mendapatkan laporan penyebaran Zika pada ribuan bayi yang baru saja dilahirkan di Brazil.

 

Direktur Utama WHO, Margaret Chan mengatakan penyebaran viruz Zika ini merupakan fenomena baru di benua Amerika. Sebelumnya, virus ini banyak ditemukan di Afrika, Kepulauan Pasifik dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

 

“Level peringatan virus ini sudah dalam tahap sangat tinggi. Tahun lalu, virus ini dideteksi di Amerika dimana ledakan penyebaran terjadi. Hingga hari ini dilaporkan sudah berada di 23 negara dan daerah-daerah perbatasan,” kata Chan dalam pertemuan WHO di Genewa, Swiss.

 

Gawatnya, Chan menambahkan, hingga saat ini belum ada vaksin untuk mengantisipasi penyebaran virus ini.

 

Ia menjelaskan gejala awal pada penderita virus ini diawali dengan demam, mata merah dan ruam di beberapa bagian tubuh. Pencegahan hanya bisa dilakukan dengan menghindari gigitan nyamuk dan menjaga kesehatan tubuh secara umum.

 

Selain itu, Asisten Direktur WHO Bruce Aylward berpendapat pihaknya saat ini sedang mengaji lebih dalam mengenai virus ini. Ia memperkirakan dalam enam hingga sembilan bulan mendatang laporan penelitiannya sudah akan didapatkan lebih rinci.

 

“Dalam wilayah vaksinasi, saya paham bahwa di sana banyak kemungkinan yang harus dikaji termasuk vaksinasi Virus Zika. Sekarang, orang-orang harus memahami bahwa ini penyebaran virus ini akan berlangsung hingga setahun kedepan,” kata Bruce seperti dikutip dari Reuters.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
29-01-2016 09:39