Main Menu

Hari Tanpa Tembakau, WHO Kampanyekan Bungkus Rokok Polos

Ervan
31-05-2016 15:32

Iklan Hari Tanpa Tebakau (Dok.WHO/adi3))

Jakarta, GATRAnews - Selama satu hari, hari ini, para perokok aktif di seluruh dunia diimbau untuk tidak merokok. Imbauan itu datang dari Organisasi kesehatan dunia (WHO) yang menetapkan 31 Mei sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia sejak 1987. 

 

WHO mencatat sedikitnya, 6 juta orang meninggal akibat rokok yang dihasilkan dari tembakau setiap tahunnya, termasuk 600.000 orang yang menjadi perokok pasif.

 

WHO menyerukan setiap negara untuk menetapkan standar bungkus polos pada setiap kemasan produk tembakau. Kemasan polos diyakini dapat mengurangi daya tarik produk tembakau seperti halnya bungkus rokok yang kadang dikemas menarik.

 

"Bungkus polos produk tembakau mengacu pada langkah-langkah pembatasan atau melarang penggunaan logo, warna, gambar merek, atau promosi pada setiap bungkus rokok," tulis WHO dalam rilisnya, Selasa (31/5).

 

WHO ingin agar setiap kemasan nantinya hanya terdapat nama merek dan nama produk dalam tampilan warna dan gaya huruf yang standar.

 

WHO mengklaim beberapa negara sudah tertarik mengimplementasikan ide bungkus polos. Australia pada Desember 2012 menjadi negara pertama yang mengimplementasikan ide tersebut. Langkah positif itu diikuti Irlandia Utara, Irlandia, Inggris, dan Prancis yang mengesahkan undang-undang implementasi bungkus polos pada 2015 yang efektif berlaku Mei 2016. Bagaimana dengan Indonesia?


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani 

 

 

Ervan
31-05-2016 15:32