Main Menu

Inilah 9 Makanan yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Rohmat Haryadi
28-11-2016 15:16

Jakarta GATRANews - Ternyata asupan beberapa nutrisi membawa dampak yang cukup mengejutkan dalam membantu kekebalan tubuh. Kita dapat memastikan kekebalan dalam tubuh berfungsi baik dengan mengonsumsi buah dan sayur warna-warni. Ditambah sedikitnya 8 sampai 10 gelas air sehari. Bahan makanan berikut dapat menambah kekebalan tubuh dalam menghadapi penyakit.


1. Yogurt

Probiotik dalam yogurt, adalah bakteri sehat yang menjaga usus dan saluran usus bebas dari kuman. Meskipun mereka sudah tersedia dalam bentuk suplemen, sebuah penelitian dari University of Vienna di Austria menemukan bahwa dosis 7 ons sehari yogurt adalah sama efektif dalam meningkatkan kekebalan. Sebuah studi di Swedia, dalam 80 hari, 181 karyawan pabrik yang minum suplemen harian Lactobacillus reuteri --probiotik tertentu yang merangsang sel darah putih-- absen karena sakit 33% lebih sedikit dari yang tidak diberikan.

2. Oats (semacam Gandum) dan Barley (Sereal)

Butirannya  mengandung beta glucan, jenis serat dengan kemampuan antimikroba dan antioksidan sebagaimana dilaporkan sebuah studi di Norwegia. Hewan yang memakan senyawa itu, cenderung tahan influenza, herpes, bahkan antraks. Pada manusia, meningkatkan kekebalan, kecepatan penyembuhan luka, dan dapat membantu antibiotik bekerja lebih baik.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, bahan aktif yang melawan infeksi dan bakteri. Peneliti Inggris memberi 146 orang ekstrak bawang putih selama 12 minggu. Mereka yang makan bawang putih dua pertiga lebih kecil kemungkinannya menderita pilek. Studi lain menunjukkan bahwa pecinta bawang putih lebih dari enam siung per minggu, 30% lebih rendah terkena kanker kolorektal (kanker usus besar) dan 50% lebih rendah terkena kanker perut (stomach).

4. Ikan

Selenium yang banyak dikandung tiram, lobster, kepiting, dan kerang, membantu sel darah putih memproduksi protein sitokin yang membantu membuang virus flu dari tubuh. Salmon, mackerel, dan herring yang kaya omega-3 lemak, yang mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara dan melindungi paru-paru dari flu serta infeksi saluran pernapasan.

5. Sup Ayam

Asam amino sistein, dibebaskan dari ayam saat memasak, bahan kimia menyerupai obat bronkitis acetylcysteine. Kaldu asin sup ini membuat lendir dengan cara yang sama dengan obat batuk. Rempah-rempah yang ditambahkan, seperti bawang putih dan bawang merah, dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh.

6. Teh

Orang yang minum 5 cangkir sehari teh hitam selama 2 minggu memiliki 10 kali lebih banyak interferon (antivirus) dalam darah mereka, demikian sebuah studi di Harvard. Asam amino yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kekebalan tubuh ini, L-theanine, melimpah di kedua versi teh hitam dan hijau.

7. Daging Sapi

Daging sapi banyak mengandung seng. Kekurangan seng adalah salah satu kekurangan gizi yang paling umum di antara orang dewasa Amerika, terutama bagi vegetarian. Dan itu disayangkan, karena kekurangan seng dapat meningkatkan risiko infeksi. Seng sangat penting untuk perkembangan sel-sel darah putih, sel-sel sistem kekebalan tubuh.

8. Ubi Jalar

Anda mungkin tidak berpikir kulit bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk tetap kuat dan sehat, kulit Anda membutuhkan vitamin A. "Vitamin A memainkan peran utama dalam produksi jaringan ikat, sebuah komponen kunci dari kulit," kata David Katz, MD, direktur Yale-Griffin Prevention Research Center di Derby, CT. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan vitamin A adalah dari makanan yang mengandung beta-karoten seperti ubi jalar.



9. Jamur

Selama berabad-abad, orang di seluruh dunia telah menggunakan jamur untuk meningkatkan kesehatan. Peneliti kontemporer sekarang tahu mengapa itu bisa terjadi. "Studi menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih, membuat mereka lebih agresif. Ini adalah hal yang baik bila Anda memiliki infeksi," kata Douglas Schar, Direktur Institute of Herbal Medicine di Washington DC.


Editor: Rohmat Haryadi

Save

Save

Save

Save

Save

Rohmat Haryadi
28-11-2016 15:16