Main Menu

Terapi Sel Punca Dapat Memicu Kanker

Annisa Setya Hutami
09-01-2018 18:29

Laboratorium sel punca (dok. Kalbe Farma/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Hati-hati bagi yang suka melakukan terapi sel punca. Karena metod eini ternta  masih dipertimbangkan segi keamanannya. Padahal saat ini sudah banyak diberikan pada berbagai terapi seperti kecantikan.

Padahal ada kemungkinan terapi sel punca mampu memicu terjadinya kanker payudara. Terapi sel punca ini dapat memulai pertumbuhan kanker dan juga sebagai penyebab penyebaran kanker ke organ lainnya atau sering disebut metastasis.

Dalam acara pengukuhan doktor Ilmu Biomedik Universitas Indonesia pada Selasa (9/1), Purnamawati yang melakukan penelitian ini menjelaskan, sel punca kanker menimbulkan kesulitan dalam terapi kanker karena lebih kebal terhadap terapi radiasi maupun kemoterapi.

Sehingga menyebabkan kegagalan dan kekambuhan penyakit kanker. "Tidak hanya stem sel, sel punca normal yang berfungsi memperbaiki jaringan tubuh rusak juga memicu sel kanker karena dapat berinteraksi timbal balik dengan lingkungan mikro dan bertahan tumbuh. Bahkan menjadikan sel bertambah ganas karena mereka resisten terhadap terapi,” katanya.

Penelitian yang mengkhususkan pada sel punca pada jaringan lemak dan tali pusat menghasilkan kesamaan faktor sel punca normal dan stem sel. Kemungkinan dapat dimanfaatkan oleh stem sel untuk tumbuh dan meningkatkan keganasan.

Purnamawati menyarankan agar dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mempertimbangkan keamanan pemberian terapi stem sel. Salah satunya dengan menganalisis ketahanan hidup dan kemampuan sel punca kanker payudara saat mengalami pengulangan siklus, dan berinteraksi dengan sekretom dari sel punca normal.

“Untuk mengklarifikasi hasil penelitian ini, masih perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam dan membandingkannya dengan hasil penelitian pada sel punca kanker lainnya,” ucapnya.


Reporter : ASH

Editor : Mukhlison

 

 

 

Annisa Setya Hutami
09-01-2018 18:29