Main Menu

Pentingnya Pediatri Sosial dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

Dewi Fadhilah Soemanagara
20-01-2018 15:33

Ilustrasi (Shutterstock/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com – Masalah kesehatan anak di Indonesia, tak hanya berkutat pada penyakit anak yang sering dijumpai di perawatan rumah sakit. Tetapi juga terkait dengan pengobatan medis seperti pemberian obat-obatan.

 

Dalam upacara pengukuhan guru besar, Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), staf pengajar dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM menekankan pentingnya pediatri sosial, pada Sabtu (20/1), di Aula IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat.

Pentingnya peran dokter spesialis anak di masyarakat juga harus didukung sejumlah aspek lain, antara lain upaya pencegahan penyakit, edukasi, dan rehabilitatif pada beberapa penyakit. Penanganan yang dimaksud tidak sekadar pemberian obat dan perbaikan nutrisi tetapi juga edukasi dan konseling kepada orangtua, keluarga termasuk lingkungan terdekat anak seperti sekolah, masyarakat di sekitar anak ataupun komunitas kegiatan anak di luar sekolah.

Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sesuai amanah Undang Undang Perlindungan anak no 23 tahun 2002.

Pediatri sosial menjadi titik tumpu pendekatan kesehatan anak yang fokus pada anak, dalam keadaan sakit dan sehat, dalam konteks masyarakat, lingkungan, sekolah, dan keluarga. Petugas kesehatan tidak cukup bekerja untuk penanganan secara individu di rumah sakit, tetapi perlu didukung oleh lingkungan di sekitar anak seperti lingkungan sekolah, peran kementerian kesehatan, pendidikan, lembaga eksekutif, legislatif di suatu negara yang membidangi kesehatan dan kesejahteraan anak, termasuk lembaga peradilan.

“Pediatri mengurus masalah anak di komunitas di masyarakat contohnya di rumah sakit. Bisa promotif, kuratif, rehabilitatif. Kegiatan yang sifatnya di masyarakat. Penelitian vaksin misalnya, yang harus dilihat tujuannya supaya anak sehat,” ujar Rini kepada Gatra.com pada (20/1) di Aula Imeri Salemba.

Peran pediatri sosial sangatlah penting dalam upaya optimalisasi tumbuh kembang dan pencapaian kualitas hidup yang baik. Pendekatan komprehensif pada pelayanan kesehatan anak sebaiknya selalu dilakukan.

Temuan berbagai penelitian di masyarakat/komunitas, merupakan data penting yang dapat digunakan untuk membuat materi edukasi, membuat kebijakan pelayanan kesehatan anak, maupun koordinasi dengan sektor di luar bidang kesehatan dan kedokteran. Sehingga ke depannya, masalah kesehatan anak di masyarakat akan selalu menjadi prioritas bagi seluruh insan ilmiah sehingga negara kita akan memiliki sumberdaya manusia yang handal.


Reporter: DFS

Editor: Rosyid

Dewi Fadhilah Soemanagara
20-01-2018 15:33