Main Menu

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan, Upaya Deteksi Gejala Penyakit Berat

Annisa Setya Hutami
16-04-2018 23:11

Ilustrasi Medical Checkup. (Shutterstock/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Ada beberapa penyakit yang terkadang timbul tanpa gejala. Contohnya kolesterol tinggi, peningkatan kadar asam urat dan gula darah, serta perlemakan hati, juga hepatitis. Praktisi Klinis Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Ari Fahrial Syam mengatakan beberapa pasiennya datang dalam kondisi terlambat. Hal tersebut lebih disebabkan karena kurangnya kesadaran untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih dini.

 

“Rata-rata berasal dari kelompok menengah ke atas. Namun ketika sudah melakukan medical check-up, tidak ingin tahu lebih lanjutnya seperti apa. Terkadang ada yang karena kesibukan, tidak sempat memeriksakan kesehatannya,” ucap Ari disela-sela konferensi pers “Annual Women's Health Expo and Bazaar (WHE)” di Ruang Dewan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Senin (16/4).

Oleh karena itu diharuskan bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun untuk rutin melakukan check-up. Selain itu, ada beberapa faktor resiko yang harus diwaspadai, seperti obesitas, perokok aktif, kurang olah raga rutin, gaya hidup, pola makan, serta tingkat stres yang tinggi.

“Kebiasaan masyarakat kita lebih banyak konsumsi makanan cemilan. Belum lagi makanan utama, sehingga porsi makan jadi besar. Ditambah lagi kurangnya serat. Padahal idealnya, konsumsi serat 25 mg per hari,” katanya.

Strategi mencegah munculnya penyakit tidak hanya dengan mengimbangi asupan makanan. Namun, perlu juga menjaga berat badan. Kelebihan berat badan juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Jik seseorang mengalami obesitas, maka sebenarnya ia beresiko terkena berbagai penyakit. Apalagi bila memiliki kadar kolestrol tinggi dan hipertensi. Ditambah dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Minuman beralkohol dapat menyebabkan peradangan kronis pada saluran pencernaan khususnya pada kerongkongan dan lambung. Terutama sangat terlihat pada lambung karena organ tersebut mudah luka bila terkena paparan zat dari alkohol secara terus menerus.

Guna menghindari penyakit berat, maka Dekan FKUI tersebut mengingatkan untuk menghindari faktor resiko dan rutin lakukan check-up. Salah satunya bisa dilakukan dalam acara WHE 2018 yang digelar pada tanggal 21 hingga 22 April mendatang. Disini akan diadakan berbagai jenis pemeriksaan secara gratis. Hal ini dalam rangka meningkatkan deteksi dini dan kesadaran untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.


Reporter: ASH

Editor : Flora L.Y. Barus

 

 

Annisa Setya Hutami
16-04-2018 23:11