Main Menu

Berkat Progas Kualitas Anak SD Meningkat

Aries Kelana
06-06-2018 05:14

Arief Susanto dalam pemaparan hasil program gizi cargill-WFP (GATRA/Aries Kelana/yus4)

Jakarta, Gatra.com -- Peningkatan gizi bagi anak yang dilakukan bareng antara Cargill dan World Food Programme (WFP) membuahkan hasil. Program yang bernama program gizi anak sekolah (Progas). Itu terungkap dalam jumpa pers yang digelar Cargill dan WFP di Restoran Sulawesi, Kota BNI 1946, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2018).

Program tersebut sudah berjalan setahun. Sebanyak 76.000 paket makanan sehat untuk anak sekolah telah dibagikan ke sejumlah kota di beberapa provinsi. Selain Cargill-WFP, program ini juga melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurut Arief Susanto, Corporate Affairs Director, PT Cargill Indonesia, dukungan dari Cargill dan WFP kepada Kemendikbud dalam pelaksanaan PROGAS bertujuan untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan akses terhadap makanan bergizi dan belajar mengenai gizi dan kesehatan serta menyediakan kesempatan peningkatan ekonomi bagi petani lokal.

“Cargill bersyukur dan bangga dapat mendukung pelaksanaan program ini, di Indonesia terutama di daerah-daerah dimana prevalensi stunting cukup tinggi dan di area operasional Cargill di Indonesia,” ujar Arief.

Hasilnya pun dilaporkan dalam jumpa per situ. Persentase jumlah siswa yang mengkonsumsi sarapan secara rutin meningkat menjadi 47,7% (2018) dari 24,7% (2017). Kemudian, persentase jumlah siswa yang menunjukkan peningkatan pengetahuan gizi meningkat menjadi 87,6% dari sebelumnya 81,6%.

Kemampuan dalam menyelesaikan beberapa mata pelajaran juga meningkat. Mereka juga tidak mudah mengantuk di saat sekolah. Dengan kata lain, konsentrasi belajar mereka juga bertambah.

Kemudian, jumlah siswa yang dilaporkan sakit berkurang terutama jumlah siswa yang terkena demam menjadi 13,8% dari 32,9%, flu menjadi 7,7% dari 35,6%, batuk menjadi 16,9% dari 27,4%, serta diare dari 11% menjadi 9,2%.

Sementara itu, Country Director & Kepala Perwakilan World Food Programme Indonesia, Anthea Webb mengatakan bahwa Cargill bersama dengan WFP membantu lebih dari 100.000 anak-anak di seluruh Indonesia untuk dapat menikmati sarapan bergizi di sekolah. “Dengan mendukung Program Gizi Anak Sekolah milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kami membantu anak-anak sekolah tumbuh lebih pintar, sehat, dan sukses,” katanya.


Editor: Aries Kelana 

 

Aries Kelana
06-06-2018 05:14