Main Menu

Pedoman Diagnosis Hipertensi Baru dari ESC / ESH

Umaya Khusniah
18-06-2018 16:20

Ilustrasi Hipertensi. (Dok. Pixabaya/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pedoman diagnosis hipertensi terbaru dibahas dalam pertemuan European Society of Hypertension di Barcelona akhir pekan lalu. Pedoman baru ini dikembangkan oleh dokter-dokter yang mewakili European Society of Cardiology (ESC) dan European Society of Hypertension (ESH).

 

Para delegasi diberi fisrt look dari pedoman baru untuk pengobatan hipertensi arteri ini. Para delegasi diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk mendiagnosis hipertensi, mengevaluasi risiko, dan kapan dan bagaimana mengobati tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko, dengan saran gaya hidup dan pengobatan.

Pengembangan pedoman ini dipimpin oleh Ketua ESC, Prof Bryan Williams dari Inggris dan Ketua ESH, Prof Giuseppe Mancia dari Italia.

“Pedoman 2018 ESC / ESH mengeluarkan rekomendasi baru tentang cara mengobati hipertensi secara optimal. Terapi obat meluas ke kelompok tambahan pasien. Juga, nilai tekanan darah untuk diarahkan dengan pengobatan lebih rendah daripada di masa lalu. Selain itu, terapi kombinasi sekarang diakui sebagai strategi perawatan awal yang paling efektif pada kebanyakan pasien,” ujar Profesor Giuseppe Mancia seperti dikutip univadis.com.

Rencananya, teks lengkap pedoman baru untuk menejemen hipertensi arteri ini akan dipublikasikan pada bulan Agustus 2018 pada kongres ESC di Munich tahun ini. 


Reporter : Umaya Khusniah

Editor : Sandika Prihatnala

Umaya Khusniah
18-06-2018 16:20