Main Menu

Berapa Lama Durasi Tidur Ideal?

Umaya Khusniah
18-06-2018 17:30

Ilustrasi orang tidur (REUTERS/Umit Bektas/yus4)

Jakarta, Gatra.news - BMC Public Health baru-baru ini menerbitkan studi terbaru terkait durasi tidur dan sindrom metabolisme. Sindrom metabolik terkait dengan , peningkatan lingkar pinggang, peningkatan trigliserida, pengurangan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), dan glukosa yang meningkat.

 

Penelitian ini melibatkan 133.608 pria dan wanita Korea dengan rentang usia 40-69 tahun. Baik durasi tidur yang terlalu lama dan terlalu singkat, sama-sama merugikan kesehatan.

Seperti dikutip univadis.com, durasi tidur sendiri dikategorikan menjadi empat kategori. Kurang dari enam jam, 6 – 8 jam, 8 – 10 jam dan lebih dari 10 jam.

Hasilnya, orang yang tidur antara 6 – 8 jam per hari dan kurang dari enam jam tidur dikaitkan dengan sindrom metabolik dan peningkatan lingkar pinggang pada pria dan wanita.

Sementara pada orang yang tidur lebih dari 10 jam, jika pada pria akan meningkatkan trigliserida. Sementara pada wanita dapat menyebabkan peningkatan lingkar pinggang, peningkatan trigliserida, pengurangan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), dan glukosa puasa yang meningkat. 


Reporter : Umaya Khusniah

Editor : Sandika Prihatnala

 

Umaya Khusniah
18-06-2018 17:30