Main Menu

Urin Berbusa Tanda Ginjal Tak Sehat

Umaya Khusniah
19-06-2018 14:43

Pemeriksaan urine (antaranews/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Warna urine menggambarkan kesehatan anda. Maka, jika anda menyadari warna urine anda pekat, apalagi berbusa, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi, ada masalah dengan ginjal anda.

 

Urin berbusa biasanya disebabkan alirannya yang kencang atau ada kandungan sabun dalam air dalam toilet. Namun jangan buru-buru lega. Bisa jadi buih yang muncul pada urine bisa jadi tanda ada yang tidak beres pada tubuh.

Kemungkinan pertama yang menyebabkan urin berbusa yakni tubuh mengalami dehidrasi. Seperti dikutip dari medicalnewstoday.com, urin yang sangat gelap dan pekat biasanya tampak berbusa. Seseorang yang mengalami dehidrasi, tubuhnya kekurangan cairan yang dapat mengencerkan warna pada urin.

Kemungkinan kedua, urin yang berbusa bisa jadi karena ada penyakit pada ginjal. Fungsi utama ginjal adalah menyaring protein dalam darah. Sementara fungsi protein adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Jika ginjal mengalami masalah dalam menjalankan tugas, maka protein yang seharusnya tersaring bisa bocor dan keluar bersama urin. Protein ini mengurangi tegangan pada permukaan urin dan menyebabkan busa tercipta.

Sebagai informasi, selain urin berbusa, gejala lain ginjal bermasalah antara lain kulit yang gatal, mual, sering sesak nafas, terjadi pembengkakan, kelelahan yang tidak diketahui sebabnya, sering buang air kecil dan muntah.

Jika mengalami gejala-gejala seperti tersebut di atas, ditambah ada riwayat keluarga dengan penyakit ginjal, tekanan darah tinggi atau diabetes, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab lain urin berbusa adalah penyakit diabetes. Kandungan gula yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan urin berbusa. Glukosa darah merupakan molekul besar seperti protein dalam hal ginjal.

Kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah, menyebabkan ginjal kesulitan menyaring. Akibatnya gula dan protein dapat lolos dari saringan ginjal dan masuk dalam urin. Saat dikeluarkan, urin dapat menghasilkan busa.

Sebagai informasi, gejala penyakit diabetes biasanya berupa penglihatan yang kabur, mulut terasa kering, perasaan haus yang konstan, sering buang air kecil, rasa lapar yang terus menerus tanpa sebab, kulit yang gatal, dan mudah lelah. Jika merasakan hal demikian, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat. 


Reporter : Umaya Khusniah

Editor : Sandika Prihatnala

Umaya Khusniah
19-06-2018 14:43