Main Menu

Berapa Panjang Sebenarnya Umur yang bisa Dicapai Manusia?

Flora Librayanti BR K
01-07-2018 19:00

Ilustrasi Pasangan lanjut usia. (Lansia). (Shutterstock/FT02)

Artikel Terkait

Roma, Gatra.com – Sejak 1900-an, harapan hidup manusia di seluruh dunia telah naik dua kali lipat. Ini semua adalah dampak layanan kesehatan yang lebih baik, ketersediaan sanitasi, dan makanan. Meski demikian, satu studi terkait orang-orang yang berumur panjang di Italia mengindikasikan kalau manusia masih belum mencapai batas akhir dari umurnya.

 

“Jika memang ada batasan biologis, kita masih jauh dari hal itu,” kata demografer dari Universitas Roma, Elisabetta Barbi, seperti dilansir dari The New York Times. Barbi dan sejumlah akademisi lainnya telah mempublikaskan penelitian mereka ini dalam jurnal “Science” pada Kamis (28/6) kemarin.

Data menunjukkan orang paling tua yang tercatat pernah hidup adalah seorang perempuan Prancis, Jeanne Calment. Ia meninggal 12 tahun lalu di usia 122 tahun. Sejauh yang diketahui para ilmuwan, tak ada orang yang lebih tua dari dia.

Barbi dan timnya mendata sejumlah orang Italia yang berusia di atas 105 tahun pada rentang waktu 2009-2015. Mereka menemukan sebanyak 3.836 orang. Mereka lantas mengecek sertifikan kematian, untuk memastikan berapa orang yang meninggal pada periode penelitian. Lalu, mereka merumuskan peluang kematian pada sejumlah grup yang meninggal tersebut.

Sudah lama diketahui kalau angka kematian cukup tinggi terjadi pada masa balita, lalu menurun pada tahun-tahun berikutnya. Jumlah kematian naik lagi pada kelompok masyarakat usia 30-an tahun. Pada akhirnya, ketika manusia mencapai usia 70-an hingga 80-an, angka kematian melonjak naik.

Temuan Barbi dan tim menunjukkan kalau diantara orang-orang tua Italia tadi, angka kematian berhenti naik. Kurvanya cenderung datar. Angka kematian cenderung lebih rendah ketika seseorang mencapai usia 105 tahun.

“Peningkatan pada perpanjangan mortalitas bahkan terjadi pada usia tua tersebut,” kata salah satu peneliti yang juga demografer pada University of California, Berkeley, Kenneth W. Wachter. “Manusia masih belum mencapai batas maksimum dari usia mereka,” sebutnya lagi.


 

Editor : Flora L.Y. Barus

 

 

Flora Librayanti BR K
01-07-2018 19:00