Main Menu

Komisi IX DPR Dukung SKM Bukan Produk Susu

Abdul Rozak
09-07-2018 16:59

Ilustrasi Susu Kental Manis (SKM). (GATRA/Eva Agriana Ali/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Komisi IX DPR RI mendukung Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memasukan susu kental manis (SKM) bukan produk susu. Pasalnya di masyarakat terdapat kesalahpahaman terkait SKM.


Ketua Komisi IX DPR Yusuf Macan Effendi mengatakan SKM banyak digunakan sebagai makanan pengganti susu bayi.

Hal itu karena maraknya iklan SKM di berbagai media cetak dan elektronik.

"Kami sudah minta diberi petunjuk dalam bentuk label (SKM) bahwa ini bukan untuk balita. BPOM sudah mengeluarkan edaran bahwa SKM bukan untuk bayi enam bulan," kata Yusuf dalam keterangan pers, Senin (9/7).

BPOM, sambung dia, harus lebih banyak turun ke masyarakat melakukan edukasi mengenai SKM. Di samping itu, BPOM harus lebih sering turun ke tengah masyarakat agar lebih dikenal publik.

Peran BPOM dalam mengawasi produk yang sudah beredar (post market) sudah sangat optimal. Hal tersebut dibuktikan penggerebekan, penyitaan produk ilegal, pengungkapan pabrik obat palsu dan sebagainya.

"Yang kenal BPOM sejauh ini hanya pelaku industri. Masyarakat belum sepenuhnya terpapar informasi tentang fungsi BPOM sebagai lembaga yang mengawas dan membina terkait obat, kosmetik dan makanan," kata politisi Partai Demokrat ini.

Reporter: Abdul Rozak

Editor: Anthony Djafar

Abdul Rozak
09-07-2018 16:59