Main Menu

4 Tanda Stres Ini Sebenarnya Gejala kelelahan Adrenal

Fitri Kumalasari
28-07-2018 15:33

Ilustrasi. (shutterstock_624988979/RT)

Jakarta, gatra.com - Kelelahan Adrenal sedikit banyak sama seperti tanda-tanda stres kronis. Namun, kelelahan adrenalin merupakan stres yang berkaitan dengan kondisi di mana kelenjar adrenal tidak pernah istirahat. Kelenjar adrenal memiliki peran strategis yang mendorong manusia untuk melawan atau menyerah. Dampaknya, tubuh jadi mengalami stres kronis.`

Menurut ahli Chiropractic Dr. Carolyn Mein, kelelahan adrenal sangat umum terjadi. Otak manusia yang berkembang lebih dari ribuan tahun berjuang dan bertahan hidup menurun fungsinya saat harus berhadapan dengan kondisi hidup modern seperi sekarang. “Jadi sikap berjuang atau menyerah kita merupakan respon dari berbagai pemicu yang datang terus-menerus,” kata Mein seperti dikutip Gatra dari situs popsugar.com (28/7).

Hal menakjubkan adalah insting utama masih bekerja sama baiknya seperti ribuan tahun lalu. Namun, masalahnya otak hewaniah manusia tidak menangkap perbedaan antara terus berjuang atau menyerah. Saat otak tak mampu membedakan kondisi ini, hormon stres membuat kelenjar adrenal naik yang mengarah pada stres.

“Kelenjar adrenal merupakan bagian paling kuat dalam tubuh. Ketika mereka mulai menguras energi dari bagian lain, tubuh jadi ekstra kerja keras. Ini yang membuat kita jadi stres dan kelehahan terus menerus,” jelas Mein.

Berikut 4 tanda stres kronis bisa jadi merupakan gejala kelelahan adrenal:
1. Sulit Tidur Meski Sudah Lelah
2. Menurunnya Sistem kekebalan Tubuh
3. Keranjingan Makanan Asin
4. Hilang Konsentrasi

Stres bisa datang terus-menerus dalam hidup. Namun, stres yang disebabkan karena kelelahan adrenal menjadi pertanda bagi kita untuk mulai mangatasinya. “Bagaimana tubuhmu bereaksi dan beradaptasi dengan kelelahan adrenal bergantung pada tipe tubuh tiap orang,” pungkas Mein. Sebab, model terapi bagi orang dengan tipe kondisi tubuh tertentu bisa berbeda diaplikasikan bagi orang lain.


Reporter : Fitri Kumalasari

Editor : Bernadetta Febriana

Fitri Kumalasari
28-07-2018 15:33