Main Menu

Ini yang Perlu Dilakukan ketika Anak Sulit Makan

Annisa Setya Hutami
28-07-2018 20:44

Gizi dan nutrisi yang perlu dipenuhi pada anak (ASH)

Jakarta, Gatra.com- Anak berusia di bawah 5 tahun terkadang sulit untuk makan. Dokter Gizi Klinis RSCM, Nurul Ratna Mutu Manikam memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Ia menekankan akan pemenuhan gizi. Bila anak tidak mau makan nasi, maka dapat diganti dengan kentang atau umbi-umbian. Yang terpenting, makanan pokok mereka terpenuhi.

 

“Yang harus dipenuhi yaitu nutrisi makro, karbohidrat, protein dan lemak. Mikronya juga harus dipenuhi seperti vitamin dan mineral. Serat juga penting contohnya dengan membuat snack dengan buah dan sayuran. Mengingat kedua bahan tersebut mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik,” katanya pada Sabtu (28/7) saat acara Konferensi Pers SGM Eksplor.

Ia menyayangkan para orang tua terkadang terlalu fokus memenuhi anak dengan asupan protein dan karbohidrat. Mereka melupakan kandungan lemak yang ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Ia menuturkan lemak dapat berasal dari omega 3 dan omega 6.

“ Kita memerlukan lemak. Penuhi rasio omega 3 dan omega 6 yang sesuai. Bahan makanan sumber terdapat rasio yang optimal,”

Bila anak tetap malas untuk makan, maka dapat disiasati dengan kreasi makanan sehingga mereka tidak bosan dengan makanan yang sering dikonsumsinya. Nurul mengharuskan tersedianya lauk yang beragam untuk anak.

“ Mineral dan protein untuk imunitas. Sedangkan buah-buahan untuk daya tahan tubuh. Pencernaan yang sehat terdapat prebiotik dan probiotik. Harus makan yang ada serat sebagai sumber prebiotik. Fost makanan juga sebagai bakteri baik,” ujarnya.

Intinya selain harus memperhatikan asupan zat gizi yang dibutuhkan anak dalam jumlah besar, dibutuhkan pula makronutrien. Karbohidrat, protein atau lemak, kedua hal tersebut yang perlu diperhatikan. Selain itu, melihat pada kebutuhan mikronutrien atau zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral. Khusus bagi anak di atas satu tahun juga membutuhkan pangan fungsional lain seperti serat dan probiotik.


 Reporter: Annisa Setya Hutami (ASH)

 

Annisa Setya Hutami
28-07-2018 20:44