Main Menu

Susi: Tidak Makan Ikan Saya Tenggelamkan

Umaya Khusniah
29-07-2018 08:21

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kedua dari kiri) pada acara Kampanye Gmar Makan Ikan di jakarta. (GATRA/Hidayat Adiningrat/FT02)

Jakarta, gatra.com -  Mengkonsumsi ikan setiap hari, mendatangkan manfaat yang baik bagi tubuh. Maklum saja, semua yang terkandung dalam ikan adalah protein dan kolesterol baik yang diperlukan oleh tubuh, apalagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan meningkatkan kecerdasan. “Mau dibilang bodo ga? Makanya makan ikan," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat berorasi singkat di hadapan masyarakat.

“Provokasi” Susi itu disampaikan dalam acara Kampanye Gmar Makan Ikan, yang diselenggarakan Gatra Media Grup bekerja sama dengan Mediatama Binakreasi dan didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).  Acara bertajuk Lebih Cerdas Makan Ikan dilakukan pada Minggu (29/7) pagi di halaman parkir Gedung Sarinah dilanjutkan dengan acara jalan kaki bersama di car free day.

Dalam kampanye singkatnya, Susi mengatakan mengkonsumsi ikan sangat penting untuk masyarakat. Banyaknya masyarakat yang stunting karena kurangnya mengkonsumsi protein. Sementara protein yang terbaik berasal dari ikan. Apalagi dengan makin berkurangnya pencuri ikan, Susi yakin keberadaan ikan makin banyak dan mudah didapat.”Kalau tidak makan ikan, nanti saya tenggelamkan,” gurau Susi.

Selain itu, menurut Susi, mengkonsumsi ikan akan membuat badan lebih sehat, kuat dan pintar. Kolesterol yang dikandung ikan juga merupakan kolesterol yang sehat. Susi menghimbau masyarakat agar selalu menyediakan menu ikan dalam konsumsi hariannya.

Sementara menurut Bob Hasan Ketua PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mengatakan jika atlet binaannya sudah diharuskan makan ikan tiap hari. Menurutnya, ikan tidak mengandung kolesterol jahat dan mengandung Omega Tiga.

Bob Hasan sangat mendukung acara gemar makan ikan seperti ini. Menurutnya, masyarakat Indonesia harus makan ikan. "Makanan cepat saji, gorengan itu menimbulkan kolesterol dan darah tinggi" ujarnya.

Bob Hasan mengaku tiap hari ia mengkonsumsi ikan. Semua jenis ikan ia gemari seperti ikan kembung, kakap merah. "Semua ikan saya suka, sama gado-gado," ujarnya.

Acara ini dikemas dalam bentuk jalan sehat, senam zumba, bincang-bincang antara warga masyarakat dengan Menteri KKP, Ceremony makan ikan bersama, demo masak, lomba masak ikan, lomba mewarnai dan menggambar, lomba storytelling juga music performance. Selain Menteri KKP dan Ketua Umum PASI, acara ini juga diramaikan oleh atlet-atlet binaan PASI yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Karena nilai gizinya yang tinggi, Pemerintah menganjurkan keluarga Indonesia untuk mengkonsumsi ikan setiap hari. Dalam tubuh ikan, terkandung asam lemak tak jenuh seperti omega, yodium, selenium, flourida, zat besi, magnesium, zink, taurin, serta coenzyme Q10. Selain itu, kandungan omega 3 ikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan protein hewani lainnya.


Reporter : Umaya Khusniah

Editor : Bernadetta Febriana

Umaya Khusniah
29-07-2018 08:21