Main Menu

Mau Panjang Umur? Makan Ikan!

Fitri Kumalasari
29-07-2018 10:11

Ilustrasi -Makan ikan. (Shutterstock/FT02)

Jakarta, gatra.com - “Enggak makan ikan, Saya tenggelamkan!” Kata-kata dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti jadi tagline andalan yang selalu diulang banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata makan ikan bisa memperpanjang usia hidup manusia.

Mengonsumsi ikan sudah banyak direkomendasikan untuk melengkapi nutrisi tubuh. Kaya protein, vitamin dan minyak, makan ikan menjadi pilihan sehat. Minyak ikan sendiri kaya omega-3. Selain itu, sudah bertahun-tahun minyak ikan sudah banyak digunakan dalam penelitian medis maupun produk suplemen.

Makan ikan membawa lebih banyak manfaatnya bagi tubuh seperti mereduksi resiko kanker, meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi inflamasi. Penelitian lainnya juga tengah mencari kaitan antara omega-3, kesehatan mental, penuaan, dan penglihatan.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, para peneliti mengumpulkan data dari NIH-AARP Diet and Health Study. Mereka memantau 240.729 laki-laki serta 180.580 perempuan selama 16 tahun. Hasil penelitian tersebut membuktikan omega-3 pada ikan benar dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Konsumsi ikan yang kaya omega-3 bisa mengurangi angka kematian total.

Laki-laki yang gemar makan ikan, 10 persen tereduksi resiko kematian karena kardiovaskular, 6 persen reduksi resiko terkena kanker, 20 persen reduksi resiko kematian akibat masalah pernapasan, dan 37 persen reduksi resiko kematian akibat hati.

Sementara banyak makan ikan bagi perempuan mampu mereduksi 10 persen resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan 38 persen resiko kematian karena Alzhaeimer. Konsumsi omega-3 pada perempuan dan pria juga mereduksi 18 dan 15 persen resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.


Reporter : Fitri Kumalasari

Editor : Bernadetta Febriana

Fitri Kumalasari
29-07-2018 10:11