Main Menu

Cegah Kanker, Luangkan Waktu Memeriksa Gejala Dini

Rosyid
29-07-2018 22:21

Presentasi Prof Chau Chi Fai tentang nutrisi dan pencegahan kanker(Dok. CNI/re1)

jJakarta, Gatra.com - Prediksi World Cancer Research Fund International, penderita kanker akan meningkat 24 juta pada 2035. World Health Organization (WHO) menyebutkan pada tahun 2012, terdapat 14 juta kasus baru dan 8.2 juta orang meninggal dunia karena kanker. Dinegara maju, kanker paru paru adalah penyebab kematian urutan empat. Di Indonesia, selain kanker paru paru, kanker payudara adalah jenis kanker yang paling tinggi pravelansinya.

Kanker adalah salah satu penyakit yang ditakuti di dunia. Kanker memang penyakit yang ditakuti, namun bukan penyakit yang terjadi dalam waktu singkat. Butuh waktu cukup lama hingga sel-sel kanker berkembang dan menjadi ganas. Sebetulnya, lebih dari 30% penyakit kanker bisa disembuhkan dengan cara mengubah faktor risiko perilaku dan pola makan penyebab penyakit kanker.

Kanker yang diketahui sejak dini memiliki kemungkinan untuk mendapatkan penanganan lebih baik dengan cara mendeteksi gejala paling awal yang mungkin berkembang di dalam tubuh. Meskipun sebagian besar gejala ini dapat bersifat sangat umum dan bisa berbeda tergantung lokasi, karakter keganasan serta ada tidaknya metastasis, tapi memeriksakannya lebih awal dapat membuat perbedaan besar. Luangkanlah waktu untuk memeriksa apa pun gejala-gejala yang ada.

Hal itu disampaikan Pakar Bioteknologi, Biologi dan Nutrisi dari National Chung Hsing University Taiwan, Prof Chau Chi Fai dalam Seminar Kesehatan Nasional bertema “Diet, Nutrition, & Cancer Prevention” yang dilaksanakan di 3 kota besar yaitu Makassar (27/7), Medan (28/7), dan terakhir di Jakarta (29/7).

Dalam keteranganya, Prof Chau lebih jauh memaparkan zat-zat nutrisi tertentu akan berhubungan dengan faktor resiko kejadian Kanker. Lebih lanjut Prof Chau menjelaskan bukti - bukti klinis berserta mekanismenya dalam tubuh keterkaitan antara pola konsumsi makanan tertentu dengan faktor resiko kejadian Kanker. Salah satu contoh hasil penelitian beliau adalah pada sumber pangan biji-bijian (wholegrain) yang baik untuk mengontrol level berat badan dan melalui teknologi pangan, pengolahannya tidak merusak enzim yang baik digunakan oleh tubuh.

Seminar kesehatan ini diselenggarakan  PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) melalui kampanye #CNIAgainstCancer.


Editor: Rosyid

Rosyid
29-07-2018 22:21