Main Menu

Pakar Cina dan AS Kembangkan Virus Flu Universal

Rosyid
31-07-2018 14:34

Ilustrasi vaksin flu universal. (Shutter stock/RT)

Artikel Terkait

Washington, Gatra.com - Para pakar dari Cina dan Amerika Serikat berhasil mengembangkan teknologi vaksin yang bisa membuka jalan untuk memproduksi vaksin flu universal.  Vaksin berlapis ganda yang dibuat dari peptida menunjukkan hasil yang efektif. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, Senin (30/7). Uji coba vaksin nanopartikel baru itu terhadap tikus, terbukti efektif melindungi tikus dari virus flu A.

Vaksin universal tidak seperti vaksin flu yang ada sekarang, yang harus diulangi lagi dalam periode tertentu. Menurut Xinhua, Selasa (31/7), vaksin universial dapat memberi perlindungan lebih luas dan efektif terhadap aneka ragam virus flu. Dari hasil penelitian, tikus yang menerima vaksin berhasil bertahan dari beragam varian virus flu A, sementara tikus yang hanya menerima placebo mati dalam seminggu.

Para peneliti dari Georgia State University, Institut Teknologi Georgia, Universitas Emory, dan Universitas Normal Henan China menggunakan peptida, yaitu senyawa dari dua atau lebih asam amino yang terhubung dalam rantai. Nanopartikel meniru isyarat biologis virus dan memulai sinyal bahaya yang mengaktifkan tanggapan kekebalan, menurut penelitian.

Menurut Wang Baozhong, peneliti senior dalam penelitian ini sekaligus associate professor di Institute for Biomedical Sciences at Georgia State mengatakan bahwa metode penelitiannya berpotensi menghasilkan vaksin-vaksin untuk penyakit mematikan dan kanker.


Editor: Rosyid

Rosyid
31-07-2018 14:34