Main Menu

Awas, Bakteri di Mulut Bisa Sebabkan Radang Paru

Aries Kelana
20-08-2018 09:26

Ilustrasi perawatan gigi (Dok. Gatra/yus4)

 

Fukuoka, Gatra.com -- Rawatlah gigi dan mulut Anda, karena kedua organ tersebut bisa menggambarkan kesehatan tubuh Anda. Jika gigi tak dirawat, organ lain di tubuh yang jauh dari mulut bisa terganggu. Ini terbukti dari riset yang dikerjakan periset Universitas Kyushu, Fukuoka, Jepang.

Seperti dilansir situs medicalnewstoday.com (19/8/2018), Dr Yoshihisa Yamashita, dari Divisi Kesehatan Mulut di Fakultas Ilmu Gigi di Kyushu, menggarap studi dengan meneliti komposisi mikrobiota pada lidah pada 506 lansia yang berusia 70–80 tahun. Yamashita ingin mengetahui kaitan mikroba di mulut itu dengan saluran pernapasan.

Dengan menggunakan teknik sekuensing genomik yang disebut sekuensing genetik 16S rRNA, para peneliti menentukan komposisi dan kepadatan mikrobiota. Di situ, peneliti mengidentifikasi adanya bakteriseperti Prevotella histicola, Veillonella atypica, Streptococcus salivarius, dan Streptococcus parasanguinis.

Mereka telah menghubungkan mikroorganisme ini dengan risiko kematian yang lebih tinggi dari pneumonia, sejenis radang paru. Hasilnya dipublikasikan pada Jurnal mSphere, terbaru.

Bakteri ini juga ditemukan terutama pada manula dengan lebih banyak plak, lebih banyak gigi berlubang, dan lebih sedikit gigi. "Studi ini juga menemukan lebih banyak jamur di mikrobiota pada mereka yang memakai gigi palsu," ujarnya.

Menurut Yamashita, kesulitan menelan dan batuk dapat menjadi pertanda adanya bakteri tadi yang bisa menyebabkan infeksi paru seperti pneumonia.


Editor: Aries Kelana

 

Aries Kelana
20-08-2018 09:26