Main Menu

Lensa Kontak Berubah Jadi Kista

Rosyid
21-08-2018 15:13

Ilustrasi - Lensa kontak. (Shutterstock/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Seorang wanita Inggris mengunjungi dokter dengan keluhan kelopak mata kirinya bengkak. Dokter yang menemukannya penyebabnya benar-benar terkejut.

Untuk mengetahui penyebab keluhan itu, dokter melakukan pemeriksaan dengan MRI. Hasilnya  menunjukkan adanya kista dan dokter memutuskan untuk operasi. Ketika kista dikkeluarkan, jaringan luarnya pecah. Didalamnya ternyata adalah lensa kontak. Kondisinya rapuh, rusak dan retak.

Dokter yang bingung, darimana lensa kontak ini berasal. Awalnya masih misteri. Namun pemeriksaan lebih lanjut mengungkapkan bahwa pada saat pasien ini berusia 14 tahun, mata kirinya terpukul shuttle cock saat bermain bulu tangkis. Saat itu gadis itu menggunakan lensa kontak. Dia mengira kontak lensanya jatuh karena pukulan itu dan hilang. Kelopak matanya memang bengkak saat itu, tapi kemudian normal kembali dan insiden itu terlupakan.

Kasus ini dimuat dalam British Medical Journal dan dikutip Time. Menurut Journal itu, wanita ini mencetak rekor sejarah sebagai pengguna contact lens menancap di mata terlama. Dalam catatan Journal, ada empat kasus serupa dimana lensa kontak berpindah tempat karena trauma. Tapi tidak ada yang sampai 28 tahun.

Namun masih ada satu misteri. Dokter tidak bisa menjelaskan mengapa mata pasien ini kembali bengkak, padahal 28 tahun tidak bermasalah.

Karena itu, dokter selalu menyarankan untuk memperhatikan trauma yang dialami pasien sebelum membuat diagnosa.


Editor: Rosyid

Rosyid
21-08-2018 15:13