Main Menu

Akreditasi Rumah Sakit Bisa Permudah Akses BPJS

Birny Birdieni
27-08-2018 22:41

Stand alat kesehatan di ICE Tangerang.(Dok. KARS/re1)

Tangerang, Gatra.com- Ketua Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) DR.dr. Sutoto, Mkes mengingatkan pentingnya akreditasi bagi sebuah rumah sakit agar mendapatkan akses Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dari pemerintah.

 

Menurut Sutoto, hal tersebut dinilai penting karena hampir semua pasien sudah menjadi anggota BPJS. Sehingga dalam persaingan, poin itu akan menambah daya tarik bagi calon pasien

"Untuk mendapatkan akreditasi, rumah sakit harus memperhatikan mutu, pelayanan (hospitality), dan fokus pada pasien," ujar Sutoto dalam acara Semiloka Akreditasi Rumah Sakit Nasional di ICE, BSD Tangerang, Senin (27/8).

Lebih lanjut, Sutoto menjelaskan bahwa KARS sebagai organisasi non profit mengusung visi untuk menjadi badan akreditasi tingkat nasional dan Internasional. Juga misi membimbing dan membantu rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien melalui akreditasi.

Saat ini KARS telah mendapatkan pengakuan internasional dari The International Society for Quality in Health Care (ISQua) untuk organisasinya dan sistem rekruitmen dan pelatihan surveyornya.

Sedangkan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1 (SNARS Edisi 1) yang merupakan standar akreditasiter baru yang dibuat oleh KARS secara mandiri saat ini sedang dalam proses mendapat pengakuan juga dari ISQua.

Bersamaan ini, penyerahan Sertifikat Akreditasi Internasional yang pertama juga diberikan kepada RSUD Saiful Anwar Malang, yang telah berhasil sebagai pionir rumah sakit Indonesia yang menjalani akreditasi Internasional.


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
27-08-2018 22:41