Main Menu

Waspadai Gejala Penyakit ini Jika Ingin Terhindari dari Disfungsi Ereksi

Annisa Setya Hutami
29-08-2018 14:24

Ilustrasi - Disfungsi Ereksi (Shutterstock/FT02)

Jakarta, Gatra.com – Faktor organik menjadi alasan utama mengapa pria terkena Disfungsi Ereksi (DE). Selain itu, disebutkan kalau kemampuan penetrasi tidak menjamin seseorang akan terbebas dari ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi sempurna.

 

“Sekitar 95 persen penyebab DE lebih kepada pengaruh organik. Terdapat gangguan kesehatan tubuh. Hal tersebut meliputi pembuluh darah, saraf, hormonal, struktur penis, dan pengaruh obat,” ujar dokter Spesialis Andrologi dari RSUP Fatmawati, Nugroho Setiawan di Jakarta, Rabu (29/8).

Gangguan kesehatan yang mendorong terjadinya DE seperti gejala penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, depresi, dan gejala saluran kemih bawah. Selain itu penyakit ginjal kronis dan cedera yang berhubungan dengan perawatan terhadap kanker prostat juga dapat menyebabkan DE.

Pria juga perlu waspada terhadap berat badan. Hal ini dikarenakan pria obesitas rentan terkena penyakit dan berefek pada fungsi seksual.

“Bila dirasa mengalami DE, maka aktivitas yang perlu ditingkatkan yaitu menjaga pola hidup untuk menjaga makanan. Ditambah lagi dengan melakukan terapi lini pertama berupa pemberian PDE-5 Inhibitors,” tambah Nugroho.

Menurut Nugroho, setiap obat pastinya memiliki kontra indikasi. Oleh karena itu, sangat perlu kontrol terlebih dahulu ke rumah sakit. Hal ini untuk memastikan apakah tubuh butuh diberikan obat atau tidak. Mengingat bila berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan.

Penting pula memiliki pengetahuan akan dosis obat. Selama ini, masyarakat terkadang terpengaruh pada beberapa obat yang ditawarkan di pasaran tanpa melihat efek.

"Obat DE pasti obat kimia. Namun orang terkadang memilih herbal dan menganggapnya lebih cepat menyembuhkan. Padahal obat herbal murni tidak memiliki respon cepat. Bila respon cepat, tidak murni herbal dan ada campuran zat kimia,” ujarnya.


 

Reporter: ASH
Editor : Flora L.Y. Barus

 

 

 

Annisa Setya Hutami
29-08-2018 14:24