Main Menu

Sejumlah Dokter Dirikan Yayasan Gastroenterologi Indonesia

Aries Kelana
31-08-2018 15:29

Jumpa pers Yayasan Gastroenterologi Indonesia (GATRA/Aries Kelana/yus4)

Jakarta, Gatra.com -- Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit saluran cerna, sejumlah dokter spesialis  penyakit dalam, konsultan gastroenterologi dan hepatologi mendirikan Yayasan Gastroenterologi Indonesia (YGI). Pendirian yayasan itu disampaikan kepada sejumlah wartawan dalam konperensi pers yang digelar di Hotel Borobudur Intercontinental, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, hari ini (31/8). Acara tersebut digelar di sela-sela Simposium Gastroenterologi Asia Pasifik.

Yayasan tersebut diketuai oleh Prof. dr. Abdul Aziz Rani, Sp.PD-KGEH. Beberapa pengurus yang terdapat di antaranya, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, MMB, SpPD-KGEH, FACP, Prof. Dr. dr. Dadang Makmun, SpPD-KGEH, FACG, Prof. dr. Marcellus Simadibrata, PhD, SpPD-KGEH, FACG, FASGE, dan Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, SpPD-KGEH, FACG, FASGE.

Aziz Rani mengatakan bahwa YGI didirikan berdasakan kebutuhan masyarakat akan pentingnya advokasi, informasi seputar masalah penyakit saluran cerna. Sebab banyak pertanyaan dari masyarakat mengenai hal itu. "Misalnya, mereka mengalami maag tapi nggak sembuh-sembuh setelah minum obat," katanya.

YGI merupakan yayasan non-profit yang didirikan oleh dokter-dokter spesialis konsultan gastroenterohepatologi (KGEH) yang juga merupakan pengurus besar Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia (PGI) dan Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia (PEGI). Dengan berkumpulnya para dokter spesialis konsultan gastroenterologi ke dalam yayasan tersebut, diharapkan makin banyak anggota masyarakat yang mengetahui berbagai cara pencegahan dan deteksi dini penyakit yang berkaitan dengan masalah gastrointestinal. Sehingga penanganannya pun menjadi lebih cepat dan efektif. Tingkat kesembuhan dan harapan hidupnya pun menjadi lebih panjang.

Sedangkan tujuan YGI antara lain, membantu penelitian-penelitian di bidang gastroenterologi, menyosialisasikan informasi-informasi mutakhir seputar permasalahan kesehatan pencernaan kepada masyarakat melalui berbagai aktivitas diantaranya melalui website, dan  mengedukasi masyarakat mengenai berbagai penyakit pencernaan mengingat penyakit pencernaan merupakan penyakit yang umum terjadi pada masyarakat.

Untuk menunjang hal itu, YGI juga meluncurkan situs salurancerna-sehat.com. Situs ini akan berisikan informasi seputar penyakit saluran cerna, seperti maag, dispepsia, GERD (gastroesophageal reflux disease), dan kanker usus besar misalnya. Di situs itu juga membahas mengenai dokter-dokter konsultan gastroenterologi beserta lokasi pendidikannya. Aziz berharap dengan adanya situs tersebut, masyarakat mendapat informasi yang tepat, karena berasal dari dokter.

Sementara itu Ari Fahrial Syam, YGI juga didirikan untuk mencegah terjadinya hoax yang beredar di masyarakat. Informasi menyesatkan itu hampir setiap hari dibaca melalui media sosial. Misalnya, orang sakit dianjurkan minum lemon. Menurunnya orang sakit bisa sembuh dengan bantuan air putih. "Melon memang bisa membantu, tetapi kalau lambungnya bermasalah, minum lemon malah bikin parah," ujarnya.

Hoax lainnya adalah makan udang dengan air jeruk bisa sebabkan kanker.  


 

Editor: Aries Kelana

 

Aries Kelana
31-08-2018 15:29