Main Menu

Kak Seto Bantah Jadi Pemateri di Acara Industri Rokok

Hendry Roris P. Sianturi
31-08-2018 18:10

Ketua umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) , Seto Mulyadi (Kak Seto). ( ANTARA/Irfan Anshori/RT)

Jakarta, Gatra.com - Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) membantah kabar bahwa ketua umumnya, Seto Mulyadi (Kak Seto), menjadi pemateri di acara Sampoerna Academy. "Penting untuk diketahui bersama bahwa Kak Seto dan atau LPAI tidak pernah membuat komitmen kehadiran pada acara tersebut," kata Sekretaris Jenderal LPAI Henny Adi Hermanoe, dalam keterangan resminya, Jumat (31/08).

 

Henny menjelaskan, selama dua hari terakhir LPAI mendapati edaran informasi berbentuk pesan Whatsapp yang mengatasnamakan Panitia Moms Gathering Sampoerna Academy. Edaran tersebut menginformasikan bahwa Kak Seto akan hadir sebagai pemateri pada acara tersebut.

"Kak Seto Mulyadi dan LPAI sudah menyampaikan sikap tegasnya secara terbuka kepada publik, melalui berbagai media, bahwa rokok adalah zat adiktif yang berbahaya bagi anak-anak. Untuk itu, suatu kemustahilan bagi Kak Seto dan LPAI untuk bekerjasama dengan produsen/perusahaan rokok, yayasan atau pun bentuk lembaga lainnya yang berkaitan dengan produsen atau perusahaan rokok," katanya.

Henny lebih lanjut menegaskan, rokok adalah zat berbahaya dan menyebabkan kematian khususnya bagi anak-anak. "LPAI berketetapan hati dan mengajak semua pihak untuk mengunci persepsi bahwa tidak ada seujung kuku pun manfaat rokok, terlebih bagi anak-anak," ujarnya.

LPAI juga menghimbau agar anak-anak dijauhkan dari rokok. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan perlindungan terhadap anak.

"Dan Kak Seto Mulyadi bersama LPAI tentu tidak akan ‘menjual’ komitmennya selama puluhan tahun dengan menghadiri kegiatan yang dilaksanakan oleh produsen/perusahaan, yayasan atau pun bentuk organisasi lainnya yang berkaitan dengan rokok," ujarnya.

Sebelumnya, beredar undangan acara Moms Gathering Sampoerna Academy di BSD City, Tangerang melalui aplikasi pesan WhatsApp. Dalam pesan tersebut, pihak Sampoerna Academy menyebutkan nama Seto Mulyadi sebagai pemateri.

Dalam pesan berantai di WhatsApp itu juga disampaikan bahwa kegiatan akan berlangsung pada tanggal 8 September 2018.


Reporter: Hendry Roris Sianturi
Editor: Hidayat Adhiningrat P

Hendry Roris P. Sianturi
31-08-2018 18:10