Main Menu

Diet Mediterania Bikin Orang Tua Tetap Sehat

Aries Kelana
01-09-2018 10:23

Diet Mediterania. (shutterstock_383140492/RT)

Molise, Gatra.com -- Mau umur panjang dan tetap sehat di usia senja? Coba lakukan diet mediterania. Mau bukti? Lihat saja hasil studi yang dilakukan I.R.C.C.S. Neuromed Mediterranean Neurological Institute di Italia.

 

Seperti dikutip situs medicalnewstoday.com (1/9), mereka melakukan peneliti terhadap 5.200 orang berusia 65 ke atas di Molise, Italia, selama 8 tahun. Mereka menggunakan skor diet mediterania (MDS) yang memiliki 10 poin.

Para peneliti tadi menemukan bahwa selama 8 tahun studi terdapat peningkatan skor MDS. Ini berarti terjadi pengurangan terkait risiko kematian dari semua penyebab, seperti risiko penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular yang terkait dengan penyakit stroke, dan penyakit non-kanker atau non-kardiovaskular.

Selain itu, para periset juga mengerjakan analisa data terhadap riset lain yang melibatkan 12.000 orang manula. Mereka mencari database untuk penelitian serupa lainnya yang telah meneliti hubungan antara diet Mediterania dan kematian pada orang tua. Di bagian ini, mereka menemukan enam studi yang sesuai dengan kriteria mereka.

Analisis data yang dikumpulkan, menunjukkan pola yang sama dengan hasil sebelumnya. Kenaikan satu poin di MDS terkait dengan sekitar 5% pengurangan risiko kematian dari semua penyebab. Temuan mereka dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition terbaru.

Para peneliti menjelaskan bahwa makanan yang tampaknya menawarkan perlindungan paling banyak dalam diet Mediterania adalah asupan lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi, salah satunya adalah minyak zaitun.

Marialaura Bonaccio, ketua tim peneliti dan juga epidemiolog I.R.C.C.S. Neuromed, menjelaskan bahwa hasil studinya menunjukkan bahwa diet Mediterania mampu mengurangi risiko kematian pada orang tua. “Tapi saya kurang mengetahui apakah ini berlaku pada populasi umum atau orang tua khususnya,” katanya.


Editor: Aries Kelana

 

Aries Kelana
01-09-2018 10:23