Main Menu

Sereal Tercemar Bakteri Salmonella, Puluhan Orang Jatuh Sakit

Aries Kelana
05-09-2018 06:30

Honey Smacks.(Shutterstock/re1)

Washington, Gatra.com -- Sebanyak 30 orang lebih dilaporkan sakit setelah mengonsumsi sereal bermerk Honey Smacks buatan Kellogg Co, pada Rabu (5/9). Sereal itu diduga tercemar bakteri Salmonella, penyebab penyakit tifes (demam tifoid).

Dengan begitu jumlah total pasien yang terpapar bakteri itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjadi 130 kasus yang tersebar di 36 negara bagian. Dari jumlah tersebut, 34 orang masih dirawat di rumah sakit, tetapi tidak ada laporan kematian.

Kejadian yang berlangsung sejak Juni lalu memaksa Kellogg menarik produknya di lebih 30 negara bagian. Namun menurut laporan CDC yang mengutip pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), produk sereal tadi masih dijual di beberapa lokasi.

Meski sudah berlangsung beberapa bulan, CDC mengaku masih melakukan penyelidikan. Sementara itu, FDA belum bersedia memberikan komentarnya.

Kellogg belum mengirimkan sereal baru ke pengecer. Namun pihak Kellogg meminta agar orang-orang yang membeli produk yang berpotensi terkena dampak dapat menghubungi untuk pengembalian uangnya.


Aries Kelana

 

Aries Kelana
05-09-2018 06:30