Main Menu

DPRD Kabupaten Sikka Minta Pemerintah Daerah Serius Tangani Rabies

Aries Kelana
05-09-2018 20:57

Vaksin rabies. (shutterstock_1149345815/RT)

Sikka, Gatra.com -- Jumlah kasus rabies terus meningkat. Hingga 2 September lalu dilaporkan 7 orang terkena gigitan anjing rabies. Bahkan  seorang anak meninggal dunia, dan dua anak lainnya dilarikan ke rumah sakit. Mengenai hal itu, Philipus Fransiskus, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sikka, meminta pemerintah daerah segera menetapkan darurat rabies.


Darurat rabies, katanya sudah terjadi dan dibuat sejak 2014. "Retapi belum dilakukan upaya pelaksanaan termasuk pemberian tindakan tegas kepada pemilik anjing," ujarnya.

"Pemerintah harus mengambil tindakan tegas kepada pemilik anjing yang tidak mau anjingnya divaksin. Langkah ini yang harus segera diambil oleh pemerintah daerah" sambung Philipus.

"Fakta di lapangan, lebih banyak pemilik anjing lebih sayang anjingnya divaksin daripada sayang manusia,” sambungnya.

Ia lalu meminta pemerintah daerah untuksegera  melakukan kordinasi dengan cepat bersama polisi dan TNI. “ Jika anjingnya tidak diizinkan untuk divaksin, maka anjing peliharaan tersebut harus dieksekusi. Ini untuk menyelamatkan manusia, dari pada hewan peliharaan, agar jangan ada korban lagi ,” ucap Philipus.


Reporter: Antonius Un Taolin

Editor: Aries Kelana

 

Aries Kelana
05-09-2018 20:57