Main Menu

Ini Bahaya Baru Paparan Logam

Aries Kelana
06-09-2018 08:15

Ilustrasi (Shutterstock/FT02)

Cambridge, Gatra.com -- Selama ini  arsenik, timbal, kadmium, dan tembaga, lebih sering dikaitkan dengan penyakit seperti kanker, dan penyakit bawaan. Namun studi baru yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, menunjukkan logam-logam tadi berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

 

Paparan logam-logam tersebut bisa terdapat dalam air minum, makanan, dan udara yang merupakan hasil kegiatan pertanian dan industri, penambangan, dan merokok.

Tembaga dan timah, misalnya, seperti dilaporkan situs reuters.com (5/9), dapat merembes ke air minum dari pipa berkarat, sedangkan arsenik dan kadmium dapat terakumulasi dalam air tanah karena limpasan dari pabrik dan tanaman pertanian, serta dalam asap rokok.

Kesimpulan itu didapat setelah Dr. Rajiv Chowdhury dan timnya dari University of Cambridge, Cambridge, Inggris, memeriksa data dari 37 studi sebelumnya dengan total hampir 350.000 peserta. Dari hasil analisanya, sekitar 13.000 orang mengalami serangan jantung, operasi bypass jantung atau kejadian lain yang berkaitan dengan penyakit jantung, dan sekitar 4.200 terserang stroke.

Lalu mereka dengan paparan arsenik tertinggi 30% lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular. Kemudian, mereka yang kena paparan timbal berat berisiko 43 persen lebih tinggi. Begitu pula paparan kadmium dalam jumlah banyak berisiko 33% lebih tinggi, serta tingkat terbesar paparan tembaga dikaitkan dengan risiko 81% lebih tinggi.

"Temuan ini memperkuat fakta bahwa paparan lingkungan sama pentingnya (di luar faktor-faktor risiko perilaku konvensional seperti aktivitas fisik atau diet) untuk risiko kardiovaskular, dan tidak boleh diabaikan," kata Chowdhury.

Para peneliti juga meneliti merkuri tetapi tidak menemukan hubungan dengan penyakit kardiovaskular. Toh, kata Chowdhury, ini tidak berarti merkuri tidak berbahaya.


Aries Kelana

 

Aries Kelana
06-09-2018 08:15