Main Menu

Terapi Sel Bisa Untuk Anak-anak Penderita Kanker

Aries Kelana
06-09-2018 08:43

Ilustrasi -Anak penderita Kanker (Shutterstock/FT02)

London, Gatra.com -- Ada harapan baru bagi anak-anak penderita kanker. Sebentar lagi, terapi sel juga bisa diterapkan pada anak-anak. Itu setelah National Health System (NHS) – sejenis Kementerian Kesehatan di Inggris – sepakat dengan perusahaan obat asal Swiss, Novartis. 


Dalam kesepakatan yang diteken Rabu (5/9), NHS bersedia membuka aka jalur cepat bagi obat terapi sel: chimeric antigen receptor therapy (CART). Terapi sel dengan merk Kymriah ini diklaim bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker yang banyak menyerang anak-anak, seperti leukemia. Akses tersebut disediakan lantaran obat-obat lain gagal mengobati leukemia.

Dalam reuters.com Kamis (6/9), NHS mengatakan bahwa dana untuk pengobatan terapi sel itu akan keluar dari simpanan Dana Obat Kanker, yang didirikan untuk akses cepat ke perawatan kanker yang menjanjikan. Maklum obat tersebut sangat mahal. Untuk setiap pasien, pengobatan dengan Kymriah bisa mencapai US$361.750 atau sekitar Rp5,43 milyar per paket terapi.

Kesepakatan rahasia dengan Novartis datang seminggu setelah NHS mendapatkan informasi tentang obat-obatan baru, yang direkomendasikan terhadap pengobatan terapi sel. Terapi sel seperti CART bekerja dengan memprogram ulang sel kekebalan tubuh sendiri untuk menyerang sel-sel ganas.

Terapi tersebut merupakan pendekatan baru untuk melawan kanker, karena terapi ini melibatkan ekstraksi sel-sel yang melawan infeksi dari seorang pasien. Sel-sel ini kemudian direkayasa secara genetik untuk mengenali sel-sel kanker dan diresapi kembali.


Aries Kelana

 

Aries Kelana
06-09-2018 08:43