Main Menu

Hasil Uji Klinis Buktikan Ginseng Korea Manjur Tingkatkan Kemampuan Belajar

Flora Librayanti BR K
11-09-2018 08:08

Ginseng. (shutterstock_509113942/RT)

Artikel Terkait

Seoul, Gatra.com - The Korea Ginseng Association telah menyajikan data terdokumentasi untuk membuktikan keunggulan ginseng Korea.

 


Ginseng Korea sudah mulai diteliti sejak 2002 oleh Chung-Ang University Ginseng Industrial Research Center. Hasilnya, ginseng terbukti mengandung kadar nutrisi yang lebih tinggi jika dibandingkan ginseng asal Jepang, Kanada, dan China.

“Ginseng Korea telah terbukti melalui berbagai uji coba yang membuktikan kemanjurannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi diri dari kerusakan hati dan peningkatan kadar gula darah, serta mengandung zat antipenuaan,” kata seorang manajer The Korea Ginseng Association, Han dalam rilis resmi yang diterima Gatra.com, Selasa (11/9).

Rural Development Administration juga telah menerbitkan hasil kajian selama 10 tahun pada 2017 lalu. Mereka menginformasikan kepada masyarakat tentang berbagai efek dari ginseng Korea.

Sebanyak 90 subjek pengujian tanpa gangguan kognitif diminta untuk mengonsumsi bubuk ginseng sebanyak 3 gram selama 6 bulan. Setelahnya, kemampuan belajar secara visual dan memori mereka diuji. Hasilnya, para subjek yang mengonsumsi ginseng meraih skor dua kali lipat lebih baik ketimbang subjek penelitian yang tidak mengonsumsi ginseng.

Selain itu, ada 70 subjek pengujian tanpa gangguan kognitif yang diminta mengonsumsi bubuk ginseng putih sebanyak 3 gram selama 12 minggu. Tingkat stres mereka diteliti dan mereka mengalami pemulihan dalam kualitas tidur dan tingkat kecemasan mereka berkurang sebesar 48,1%.

Dalam uji coba terhadap hewan, tingkat ALT (alanine aminotransaminase) dan AST (aspartate aminotransferase) yang meningkat ketika mengalami gagal ginjal juga berkurang masing-masing sebesar 38,7% dan 31,9%.

“Kami merekomendasikan konsumsi ginseng yang segar,” tambah Han lagi.

Ginseng segar dengan kandungan kelembapan di atas 75%, terjaga dalam bentuk aslinya. Ginseng tersebut biasanya dikeringkan, diseduh menjadi teh, dicampurkan dengan susu dan madu atau digunakan untuk memasak sayur-sayuran beku dan ayam rebus.

Demi memperkenalkan lebih jauh tentang ginseng ini, The Korea Ginseng Association siap adakan festival ginseng pada 5-28 Oktober mendatang di beberapa wilayah utama di Korea Selatan.


 

Flora L.Y. Barus

 

 

Flora Librayanti BR K
11-09-2018 08:08