Main Menu

Cacar Monyet Mewabah di Nigeria, Dua Warga Inggris Terinfeksi

Aries Kelana
12-09-2018 05:48

Ilustrasi. (shutterstock_693859057/RT)

London, Gatra.com -- Dua warga Inggris dikabarkan menderita cacar monyet. Diduga kedua orang tadi terinfeksi setelah berkunjung ke Nigeria sebelumnya. Di sana cacar monyet sedang mewabah.

 

Public Health England (PHE), seperti dilansir situs reuters.com, Rabu (12/9) mengatakan kasus pertama mengenai seseorang yang baru saja bepergian ke Nigeria. Ia didiagnosis minggu lalu di Cornwall, barat daya Inggris dan sedang dirawat di London. Warga kedua juga berasal dari sana dan tengah dirawat di pusat penyakit infeksi pernapasan yang berpengalaman di Liverpool, Inggris bagian utara.

Cacar monyet disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus ini terbilang langka dan tidak menyebar dengan mudah dari orang ke orang. Virus ini mirip dengan cacar manusia, yang diklaim sudah diberantas pada tahun 1980. Meskipun begitu, tingkat penyembuhan terbilang sulit. Penderita membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk pulih. Bahkan dalam beberapa kasus bisa fatal dan mematikan.

Nick Phin, wakil direktur layanan infeksi nasional di PHE, mengatakan virus monkeypox kemungkinan akan beredar di Nigeria setelah wabah besar sejak tahun lalu. Karenanya ditengarai kedua pelancong Inggris terpapar di sana.

"Namun, sangat tidak biasa untuk melihat dua kasus dalam waktu yang relatif singkat," katanya dalam sebuah pernyataan. "Kami bekerja keras untuk menghubungi individu, termasuk petugas layanan kesehatan, yang mungkin telah melakukan kontak dengan (pasien) untuk memberikan informasi dan saran kesehatan."

Pejabat kesehatan mengatakan semua tindakan pencegahan yang diperlukan sedang diambil oleh staf spesialis di klinik di mana pasien dirawat. Sampai sejauh ini tidak ada risiko penularan terhadap staf lain atau pengunjung.


Aries Kelana

 

Aries Kelana
12-09-2018 05:48