Main Menu

Dana Talangan Bank, Solusi Pembiayaan Klaim Kesehatan

Mukhlison Sri Widodo
12-09-2018 15:00

Penandatanganan kerjasama BPJS kesehatan dan CIMB Niaga. (GATRA/Umaya Khusniah/RT)

Jakarta, Gatra.com - Terkadang pembayaran biaya kesehatan oleh BPJS Kesehatan kepada fasilitas kesehatan (faskes) terlambat. Hal ini bisa jadi karena prosedur administrasi yang terhambat. Sementara faskes atau RS membutuhkan dana untuk keberlangsungan RS. 

 

"Di area inilah perbankan masuk memberi talangan dana agar faskes tetap berjalan," ujar Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara kepada Gatra.com di graha CIMB, Senayan JakartaRabu, (12/9). 

Menurut Pandji ada persyaratan-persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh faskes atau RS agar bisa mendapatkan dana talangan ini. Seperti pengajuan kredit dengan persyaratan standar. 

Untuk tahap pertaman ini, CIMB Niaga telah menyiapkan dana sebesar 1 triliun. Namun ia memastikan, bila dana ini habis, akan segera ditambah. 

Sementara untuk selisih bunga antara BPJS Kesehatan dan RS, kata Pandji akan menjadi milik RS. Bunganya nanti akan disesuaikan dengan market yang ada. "Pokoknya kita bantu pemerintah supaya single digit," ujarnya. 

Sementara menurut Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso, tidak ada kewajiban bagi RS atau faskes untuk memberikan laporan kepada BPJS Kesehatan mengenai berapa jumlah kredit yang mereka gunakan. 

"Jadi ini murni perjanjian antara Faskes dan Bank," ujarnya.


Umaya Khusniah

Mukhlison Sri Widodo
12-09-2018 15:00