Main Menu

Sebentar Lagi Bakal Ada Tes Autis Buat Ibu Hamil

Aries Kelana
23-09-2018 21:13

Ilustrasi ibu hamil. (shutterstock/awy)

Arkansas, Gatra.com -- Penelliti University of Arkansas for Medical Science (UAMS), Amerika Serikat, mengembangkan alat diagnosa buat ibu hamil untuk melihat kemungkinan melahirkan anak autis.  Alat deteksi ini dikalim memiliki akurasi sekitar 90%. 

 

Profesor Juergen Hahn, si periset tersebut, mengembangkan tes fisiologis itu. Dalam penelitian tersebut, metabolit dari folate-dependent transmethylation and transsulfuration biochemical pathways pada ibu hamil diukur. Tujuannya, untuk menentukan apakah si ibu memiliki risiko atau tidak memiliki anak dengan autisme.

Ibu hamil yang pernah memiliki anak dengan autisme sebelumnya biasanya memiliki metabolit tersebut, dibandingkan dengan ibu yang tak memiliki anak autisme.

Perkiraan selama ini menunjukkan bahwa jika seorang ibu sebelumnya memiliki anak dengan penyakit spektrum autis (ASD), maka kemungkinan mendapatkan anak kedua dengan ASD sekitar 18,7%, sedangkan risiko ASD pada populasi umum adalah sekitar 1,7%.

Tes darah tersebut tentu memberikan kabar baik bagi ibu hamil. Sebab, saat ini belum ada tes untuk ibu hamil yang dapat memprediksi kemungkinan memiliki anak yang akan didiagnosis dengan autisme. Anak-anak biasanya diketahui terkena autisme sejak berusia 3 tahun. 

Namun dengan metode pemeriksaan ini, bisa diketahui risiko itu lebih dini. "Sangat diinginkan jika prediksi itu  berdasarkan pengukuran fisiologis," ujar Hahn seperti dikutip situs sciencedaily.com (21/9).

Hasil temuan tersebut tentu saja memiliki potensi untuk diagnosis dini untuk autisme dan bisa dikembangkan sebagai alat tes yang digunakan secara komersial.


Aries Kelana

 

Aries Kelana
23-09-2018 21:13