Main Menu

Main Video Games Bemanfaat Juga Atasi Nyeri Punggung Kronis

Aries Kelana
24-09-2018 09:01

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

Sydney, Gatra.com -- Selama bertahun-tahun, main video games dikonotasikan sebagai sesuatu yang negatif. Dari menimbulkan obesitas, gangguan perilaku seperti hiperaktif, meningkatkan aksi kriminalitas, gangguan tidur dan sebagainya.

 

Namun, penelitian yang dilakukan para periset dari University of Sydney, Sydney, Australia, justru menunjukkan sebaliknya. Menurutnya, bermain video games justru membantu masalah kesehatan, seperti nyeri punggung kronis.

Dalam studi yang sudah dipublikasikan dalam Jurnal Physical Therapy, periset mengamati nyeri punggung bawah kronis pada orang yang berusia di atas 55 tahun.

Tim mempelajari manfaat dari latihan video game yang dikelola sendiri dan berbasis rumah pada Nintendo Wii-Fit-U. Perlu dicatat, seperti dilansir situs medicalnewstoday.com (24/9/2018), para peneliti tidak menerima dana dari Nintendo.

Dalam risetnya, mereka meminta 60 peserta dibagi dua kelompok. Kelompok pertama melakukan latihan video game tiga kali setiap minggu selama 8 minggu. Setiap sesi berlangsung 1 jam. Semua ini dilakukan tanpa pengawasan dan dimainkan di rumah.

Kelompok kedua dalam jumlah yang sama mengerjakan sesuatu yang juga dilakukan kelompok pertama, tapi di bawah bimbingan seorang fisioterapis.

Latihan video game menghasilkan manfaat yang terukur. Dr. Joshua Zadro, ketua peneliti menemukan hasilnya. menjelaskan, "Para pesertanya mengalami pengurangan 27 persen rasa sakit dan peningkatan 23 persen dalam fungsi dari latihan," ujarnya.

Zadro menambahkan, program latihan terstruktur direkomendasikan untuk manajemen [nyeri punggung bawah] kronis.

Diakuinya, ada ketidakpatuhan yang buruk terhadap latihan di rumah yang tidak diawasi. Tapi ia mengklaim, "Penelitian kami, (sebagian besar) memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap latihan video game. Peserta menyelesaikan rata-rata 85% dari sesi yang direkomendasikan."

Dr. Zadro berpendapat bahwa kepatuhan relatif baik dalam penelitian ini karena video games memberikan instruksi, dorongan, dan umpan balik yang jelas; pengalaman interaktif juga memberi peserta skor, yang meningkatkan motivasi.

Nyeri punggung bawah telah menjadi kondisi tulang belakang yang bisa melumpuhkan. Terapinya pun mahal. Orang dewasa dan lanjut usia paling sering terkena. Kondisinya bisa memburuk seiring bertambahnya usia.

Maka, para ilmuwan percaya bahwa memperkenalkan latihan bermain video games baik untuk nyeri pinggang.


Aries Kelana

 

Aries Kelana
24-09-2018 09:01